Makassar (Antara Sulsel) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan mempermudah pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat untuk para pemudik lebaran 2017.

"Pemudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat," kata Kepala Cabang Utama BPJS Wilayah Makassar Unting Patri Wicaksono Pribadi di kantornya, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Untuk prosedurnya, kata dia, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun nondarurat dapat langsung berobat ke isnstalasi gawat darurat (IGD)di rumah sakit terdekat.

Menurut Unting, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku 19 Juni-2 Juli 2017.
Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak mesti melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

"Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif," paparnya.

Guna memastikan kelancaran peserta dalam pelayanan kesehatan yang diperlukan, lanjutnya, BPJS Kesehatan juga telah membuat aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store bagi ponsel jenis android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Pihaknya berharap agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran.

"Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400," tutur dia sembari memperlihatkan aplikasi di ponsel miliknya kepada wartawan.

Selama libur lebaran 2017, masyarakat tetap bisa menghubungi BPJS Kesehatan di Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi.

Selain itu, BPJS Kesehatan akan membuka Posko Mudik di delapan titik padat pemudik, salah satunya di Makassar berlokasi di Pelabuhan Makassar eks Sukarno Hatta.

Sedangkan di daerah pulau Jawa dan DKI Jakarta yakni di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya.

Untuk Pulau Bali di Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten. Posko Mudik BPJS Kesehatan yang dibuka mulai 21-24 Juni 2017 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, dan sosialisasi program JKN bagi pemudik.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024