Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal meresmikan kantor baru Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, di Jalan AP Pettarani yang diharapkan mempermudah masyarakat dalam menyalurkan zakat dan infaqnya.

"Dengan kantor baru Dompet Dhuafa di jalan protokol, jalan yang paling sering dilewati warga ini akan lebih memudahkan para masyarakat yang akan menyalurkan zakat dan infaqnya," ujar Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, minat sosial warga Makassar cukup tinggi pada hal-hal sosial dan keagamaan, hal itu terbukti karena hampir semua program pemerintah disambut baik oleh masyarakat.

Deng Ical juga berharap, penyaluran zakat dan sedekah kepada warga miskin atau dhuafa bisa membantu dalam hal keuangan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak warga.

"Tapi di balik itu juga sebagian orang belum paham bahwa ada kewajiban dan tanggung jawab kita yang mesti di penuhi karena dalam setiap penghasilan kita itu ada hak orang miskin," katanya.

Menurut dia, kemiskinan masih menjadi masalah utama bangsa ini. Untuk mengatasinya diperlukan tekad yang kuat dan kolaborasi atau kerja sama seluruh elemen bangsa.

"Kemiskinan bisa diminimalisasi bila kita sama-sama berikhtiar secara maksimal untuk mengatasinya. Bukan hanya tugas pemerintah atau lembaga zakat, tapi ini tugas bersama. Tidak bisa kita selesaikan sendirian," terangnya.

Untuk itu, dalam kesempatan tasyakuran tersebut, Deng Ical mengajak segenap masyarakat, terutama warga Makassar dan sekitarnya untuk bersama mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian.

"Apalagi kita tahu bahwa warga Makassar memiliki semangat kerelawanan dan gotong royong yang tinggi. Bencana di luar Makassar saja, warga di Makassar selalu bergotong royong dan menyumbangkan hartanya," ucapnya.

Sementara itu, GM Pengajar Dompet Dhuafa, Romi Ardiansyah mengatakan selama sembilan tahun Dompet Dhuafa hadir di Sulawesi Selatan, kontribusi sosial kepada masyarakat luar biasa meningkat.

"Dan pada bulan juli tahun ini, Dompet Dhuafa telah diberikan amanah untuk bekerja membantu masyarakat dan pemerintah dengan kemampuan kita sendiri," katanya.

Ia berharap dengan kantor Dompet Dhuafa yang baru ini, semakin memudahkan masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak maupun sedekahnya kepada orang yang berhak menerimanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024