Ternate (Antara Sulsel) - Penumpang kapal laut milik PT Pelni mengalami lonjakan, baik dari maupun ke pelabuhan Ternate dengan tujuan sejumlah kota di Indonesia.

Kepala Operasi PT Pelni Cabang Ternate, Arif Prasetyo, di Ternate, Minggu, mengatakan, para penumpang dari maupun ke Ternate menggunakan kapal PT Pelni mengalami peningkatan, terutama untuk tujuan Ambon, Bitung dan Bau-Bau.

KM Labobar misalnya pada 15 Juni 2017 memobilisasi pemudik tujuan Bitung mencapai 700 lebih penumpang atau mengalami peningkatan di atas 50 persen jika dibandingkan dengan hari normal.

Sedangkan, KM Doloronda trayek Ternate-Ambon mengangkut penumpang di atas 800 orang dan tujuan Bau-Bau mencapai 600 lebih. Bahkan, kapal tersebut mengangkut penumpang hingga ke Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Sedangkan, PT. Pelni yang membuka jalur Ternate - Babang, kabupaten Halmahera Selatan mengangkut penumpang di atas 200 orang dan ini merupakan peningkatan jika dibanding dengan pekan sebelumnya
Dia menjelaskan, biasanya seminggu sebelum memasuki Ramadhan itu kenaikan penumpang sering terjadi. Namun, Ramadhan 1438 Hijriah penumpang normal-normal saja pada pekan pertama dan kedua.

Sejak hari puasa hingga sejarang, baru dua kapal yang rutenya ke Ternate yaitu KM. Labobar dan KM. Sinabung yang melayani rute dari Ambon tujuan Ternate dan Bau-Bau.

Penumpang saat ini kebanyakan hanya sampai di Bau-Bau dengan KM. Sinabung pada pekan ini karena ke Papua kelihatannya tidak terlalu banyak, sebab banyak menggunakan pesawat.

Arif mengemukakan, memang ada penambahan penumpang yang diberikan langsung dari pusat dan itu sebanyak 130 persen dari kapasitas yang ada.

Di Ternate, kapasitas yang lebih diberikan kayaknya tidak langsung digunakan, sebab kelebihan 130 persen tersebut digunakan jika terjadi lonjakan yang maksimal. 


Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024