Makassar (Antara Sulsel) - Penerimaan calon mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk jalur mandiri yang sedianya dibuka dari tanggal 1-30 Juni, diperpanjang hingga 6 Juli 2017 dengan berbagai pertimbangan, salah satunya libur nasional.

"Bapak Rektor UNM Prof Dr Husain Syam sudah menegaskan tidak akan mempersulit para calon mahasiswa karena adanya libur nasional, makanya diputuskan untuk diperpanjang," ujar Kepala Humas UNM Dr Burhanuddin di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan, kebijakan yang diambil oleh Rektor UNM Prof Dr Husain Syam itu setelah mengetahui jika aktivitas perkantoran serta lainnya itu berjalan efektif pada 3 Juli 2017.

Salah satu yang menjadi pertimbangannya, kata Dr Burhanuddin, karena aktivitas perkantoran khususnya perbankan berjalan normal pada pekan pertama di bulan Juli yang mana salah satu persyaratan calon mahasiswa baru adalah dengan membayar biaya pendaftaran langsung ke bank.

"Bank buka dan berjalan normal itu di tanggal 3 Juli, sedangkan salah satu persyaratannya itu, calon mahasiswa baru jalur mandiri biaya pendaftarannya ditanggung sendiri dan dibayarkan langsung di bank yang telah ditunjuk," katanya.

Adapun mekanisme pendaftarannya yakni dengan mengisi formulir secara online berupa nama peserta, tanggal lahir peserta dan nama ibu kandung peserta di laman http://daftar-pmbm.unm.ac.id untuk mendapatkan kode pembayaran.

Kemudian langkah selanjutnya yakni dengan membayar biaya pendaftaran di bank yang telah ditunjuk yakni BNI dengan menggunakan kode pembayaran, serta melengkapi pendaftaran dan mengunduh foto, melengkapi biodata, data pendidikan dan pilihan program studi.

"Setelah melalui mekanisme itu kemudian dilakukan pencetakan kartu peserta. Pendaftaran dianggap selesai jika semua mekanisme telah dilakukan," jelasnya.

Burhanuddin melanjutkan, sesuai jadwal tes seleksi tulis akan dilaksanakan pada 11 Juli 2017 dan tes uji keterampilan untuk prodi olahraga, seni dan desain pada 12 Juli 2017.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024