Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Taototo Tana Ranggina meluncurkan Kedai Mini Samsat Makassar Selatan di sudut Lapangan Bola Emy Saelang, Jalan Hertasning Makassar, Selasa, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bapenda Sulsel Tautoto juga megnecek pajak warga yang membayar dengan sistem online pada Kedai Mini Samsat yang menggunakan sebuah mobil bergerak berukuran 2x3 meter yang dapat berpindah-pindah tempat tersebut.

"Kedai Samsat ini merupakan inovasi Bapenda Sulsel berdasarkan perintah Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Tautoto.

Kedai mini ini beroperasi dari Senin hingga Jum`at, pukul 07.00 Wita sampai 16.00 Wita.

Secara teknis, kedai Samsat ini merupakan pelayanan satuan administrasi manunggal satu atap yang terdapat pihak kepolisian yang mengurus registrasi dan identifikasi pencurian bermotor (ranmor) dan Bapenda untuk pendapatan dan pengurusan pajak dan Jasa Raharja untuk asuransi.

Lelaki yang akrab disapa Toto itu menambahkan, untuk memanjakan warga yang antre mengurus surat kendaraan bermotornya, disiapkan minum gratis.

"Hingga pukul 10.00 Wita tadi sudah 50 warga yang dilayani, ini hanya satu tempat. Masyarakat paling lama menunggu sepuluh menit saja dan satu STNK selesai dalam waktu tiga menit," ujar Tautoto yang didampingi para kepala bidang, kepala sub bagian dan Sekretaris Bapenda Sulsel itu.

Tautoto juga mengecek kenyamanan warga pengguna layanan serta memperlihatkan kemudahan pengecekan pajak warga melalui smartphonenya.

"Saya memperlihatkan kepada masyarakat kemudahan layanan ini. Tinggal masukan nomor polisi, langsung bisa diketahui berapa jumlah pajak yang dibayarkan," urainya.

Pembayaran pajak ini digunakan untuk pembangunan daerah. Untuk target pajak kedai mini ini tidak ada, namun diharapkan mampu menunjang target pendapatan daerah.

"Tidak ada target bulanan, namun diharapkan mendukung pendapatan daerah. Untuk triwulan pertama sebesar 20 persen, triwulan kedua 45 persen, triwulan ketiga 72,5 persen dan triwulan keempat sebesar 100 persen," harap Toutoto.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024