Makassar (Antara) - Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan Ilyas Iskandar menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta untuk membahas kelanjutan pembangunan dua bandara di Kabupaten Tanah Toraja yakni Bandara Buntu Kuni dan Bandara Pongtiku.

Kadishub Sulsel Ilyas Iskandar di Makassar, Rabu, mengatakan berdasarkan informasi yang diterima, dirinya bertemu dengan orang nomor dua di Indonesia itu pada Rabu ini.

"Saya selesai rapat bersama terkait tarif taksi online, segera berangkat ke Jakarta untuk bertemu Wapres untuk membahas soal anggaran bantuan untuk lanjutan pembangunan Bandara Buntu Kuni dan Bandara Pongtiku," katanya sebelum bertolak ke Jakarta.

Ia menjelaskan memang sudah meminta waktu untuk bisa bertemu langsung dengan tokoh asal Sulsel tersebut. Dan baru hari ini pada akhirnya mendapatkan panggilan untuk ke Jakarta.

Menurut dia, untuk Bandara Buntu Kuni memang sesuai perhitungan atau kajian tim teknis dari Unhas disebutkan masih membutuhkan anggaran sebesar Rp409 miliar.

Sementara untuk anggaran yang dibutuhkan guna merampungkan Bandara Pongtiku Tana Toraja yakni sebesar Rp206 miliar.

"Jika Wapres menyetujui untuk menyelesaikan Bandara Buntu Kuni maka tentunya akan disiapkan sesuai yang kita harapkan. Begitupun jika Bandara Pongtiku untuk penambahan runway dan kami cut sedikit gunung yang ada di sekitar bandara, tentunya membiayai. Artinya kami harapkan salah satunya bisa dibantu anggaran sepenuhnya,"jelasnya.

Pihaknya juga berharap pertemuan dengan Wapres JK bisa memberikan kabar yang menggembirakan. Apalagi kedua bandara itu memang penting artinya demi mendukung pariwisata di daerah tersebut.

Untuk pariwisata di Toraja memang selama ini dinilai masih terkendala tranpsortasi sebab jika ditempuh dari Makassar maka jaraknya begitu jauh dan membutuhkan waktu yang begitu panjang untuk bisa ke tujuan.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024