Mamuju (Antara Sulbar) - Pemerintah provinsi dan kabupaten di Sulawesi Barat akan menggelar berbagai kegiatan di antaranya Festival Budaya untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI pada Agustus 2017.

"Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI di Sulbar telah direncanakan dan dipersiapkan pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten di Sulbar," kata Sekertaris Daerah Provinsi Sulbar Ismail Zainuddin, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, untuk menyemarakan HUT RI di Sulbar akan digelar beberapa kegiatan antara  lain karnaval budaya, lomba  makanan tradisional, kegiatan  festival gapura, festival media sosial kebangsaan, lomba iklan layanan masyarakat, lomba car freday, pameran pentas seni,  festival ikan dan makan ikan, pelayanan nusanantra, parade budaya nusantara dua,dan  lomba lagu kemerdekaan antarsekolah,

"Selain itu juga ada kegiatan pengibaran bendera merah putih secara serentak selama satu bulan sehingga akan menambah meriahnya suasana HUT Kemerdekaan RI di Sulbar," katanya.

Ia mengatakan, Sekretariat Daerah Provinsi Sulbar bersama  organisasi perangkat daerah (OPD) lebih awal mempersiapkan rencana pelaksanaan kegiatan tersebut  karena padatnya berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangkaian HUT RI nanti.

Ismail mengemukakan, pada September 2018, Provinsi Sulbar juga akan merayakan perayaan HUT ke-12 sebagai hari jadi terbentuknya daerah otonomi baru yang pisah dari Provinsi Sulawesi Selatan sejak tahun 2004.

"Oleh karena itu dibutuhkan tenaga ekstra dari semua `stakeholder`, dan persiapan ini kurang lebih satu bulan memperingat HUT Kemerdekaan dan HUT Sulbar, tentunya energi kita akan banyak terkuras karena jarak kedua kegiatan besar itu sangat berdekatan, sehingga seluruhnya harus dipersiapkan dengan matang," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024