Makassar (Antara Sulsel) - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, melepas secara resmi 450 jamaah calon haji (JCH) yang masuk dalam rombongan kelompok terbang (kloter) gelombang pertama.

"Hari ini, semua calon haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah keesokan harinya bisa membawa nama Gowa dengan baik dan tentunya para calon haji kita bisa mendapat keberkahan dan mabrur," ujar Adnan Purichta Ichsan di Asrama Haji Sudiang Makassar, Minggu.

Penyerahan calon haji Kabupaten Gowa dilakukannya Bupati kepada petugas Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar.

Adnan ketika melepas para calon haji itu berpesan agar seluruh jamaah Gowa sekali lagi memerikaa semua perlengkapannya sebelum pemberangkatan dilakukan keesokan harinya.

"Masih ada waktu satu hari sebelum meninggalkan tanah air. Cek baik-baik perlengkapannya jangan sampai ada ketinggalan. Di asrama haji ini merupakan pemantapan akhir sekaligus dobel cek sebelum memulai perjalanan ibadah haji," jelasnya.

Bupati juga berpesan kepada warganya ini untuk menjaga kesehatan selama perjalanan spiritual serta menjaga kesehatan, kebersamaan, kekompakan serta persatuan dan kesatuan.

"Perjalanan yang akan dilewati merupakan ibadah spiritual, kekompakan kunci keberhasilan perjalanan. Saling memperhatikan dan memberi pertolongan antar jamaah. Dengan kebersamaan yang jaga maka izin Allah kita semua sehat dan pulang kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur," harapnya.

Mewakili PPIH Embarkasi Hasanuddin Makassar, Iskandar Pilang menerima manifest JCH Kabupaten Gowa yang diserahkan secara langsung di aula pertemuan.

"Saya mewakili PPIH mengucapkan selamat datang di Asrama Haji ini, selanjutnya JCH menjadi tanggung jawab kami sepenuhnya. Segala masalah keamanan, akomodasi dan konsumsi menjadi sepenuhnya layanan kami. Besok petugas akan membagikan `leaving cost` bagi jamaah, jumlahnya 1.500 real," jelas Iskandar.

Selain kloter 5 yang berjumlah 450, sebagian JCH lainnya tergabung di kloter 33 berjumlah 95 orang akan berangkat pada 24 Agustus dan Kloter 35 berjumlah 60 orang akan berangkat pada 25 Agustus 2017.

"Kuota JCH Kabupaten Gowa yang akan berangkat pada musim haji 1438 H/2017 M yakni sebanyak 605 orang jamaah, TPIHI sebanyak satu orang, TPHD Kabupaten Gowa sebanyak satu orang dan TKHI sebanyak tiga orang," terangnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024