Mamuju (Antara Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulaweis Barat menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) peningkatan kapasitas kepala desa Tthun 2017 diikuti puluhan kepala desa dari sejumah Kabupaten di Sulbar.

"Diklat peningkatan kapasitas kepala desa secara khusus dirancang dan ditetapkan untuk memaksimalkan kompetensi kepala desa dalam melakukan tugasnya sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat, khususnya penyelenggara pembangunan dan pemerintahan desa," kata Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, Diklat yang digelar pemerintah di Sulbar mengangkat tema Inovasi Dalam Membangun Desa tersebut dilaksanakan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulbar berjasama Pendidikan dan Pelatihan Regional Makassar.

"Untuk membentuk kepemimpinan kepala desa yang berkompoten, perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur diklat yang mengarah kepada peningkatan sikap dan semangat pengabdian, yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air," katanya.

Gubernur mengharapkan ketekunan dan kedisiplinan dalam mengikuti setiap kegiatan yang telah disusun para penyelenggara diklat agar mampu meningkatkan kualitas sesuai apa yang diharapkan.

"Sebagai Gubernur, saya sangat mengapresiasi diklat ini dan mengharapkan kesungguhan saudara-saudara dalam mengikuti diklat, baik di dalam kelas maupun dalam mengikuti benchmarking (observasi lapangan), tunjukkan keseriusan dan kerjasama yang baik dalam mengikuti observasi lapangan agar apa yang dilihat dan dilaksanakan di daerah itu dapat diterapkan di desa masing-masing," ujarnya.

Kepala Badan Pengembangan SDM Sulbar Farid Wadji menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan diharapkan kepada peserta mampu memahami dan mengetahui pengelolaan administrasi desa, serta mampu berinovasi dalam memanfaatkan potensi maupun sumber daya yang ada di desa.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024