Sungguminasa (Antara Sulsel) - Para pejabat eselon II di Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan Bela Negara di Mako Rindam XIV Hasanuddin Pakatto, Kabupaten Gowa, Sulsel, Jumat.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), berharap keterlibatan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Sulsel yang ikut kegiatan ini, mampu mengekspresikan pengetahuannya untuk membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan.

"Termasuk diantaranya memiliki kesadaran bela negara dalam rangka menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara,"katanya.

"Ini bisa menjadi kebanggaan untuk bangsa kita dan untuk mereka sendiri sebagai pejabat, karena latihan ini baru pertama kali dilaksanakan serentak di Indonesia," lanjut gubernur Sulsel dua periode tersebut.

Ia menjelaskan, para peserta atau pejabat eselon ini diharapkan memiliki karakter dan komitmen sebagai seorang militer yakni sikap dan kesedian untuk mengabdi bagi bangsa dan negara.

"Anda di sini bukan untuk menjadi tentara. Tetapi intinya ada komitmen militer, muaranya membela negara tidak bikin orang susah," harap SYL.

SYL juga meminta para peserta untuk mempelajari materi pelatihan yang diberikan dan menikmati setiap momen yang ada.

Salah seorang peserta perempuan yang ikut yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Fitriani MP memiliki tiga alasan bersedia berpartisipasi dalam kegiatan bela negara ini.

"Saya ingin merasakan apa yang dirasakan tentara. Kedua, menumbuhkan bela negara dalam hati dan pikiran. Terakhir, melatih mental," sebutnya.

Sementara itu Kepala Biro Ekonomi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Sukarniaty Kondolele mengaku tidak ada persiapan khusus mengikuti pelatihan ini.

"Walaupun saya perempuan tidak ada persiapan khusus, sama saja, karena sudah terbiasa dengan pola hidup sehat dan berolahraga. Ini pertama kali saya ikut hal seperti ini, saya sangat excited atau bersemangat," pungkasnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024