Makassar (Antara Sulsel)- Puluhan karya inovasi mahasiswa dari berbagai kampus di tanah air ditampilkan pada ajang Jalan Sehat Hakteknas Ke-22 Car Free Day (CFD) di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti sekaligus Ketua Umum peringatan Hakteknas 2017, Jumain Appe turut menyaksikan puluhan produk inovasi yang ditampilkan di sepanjang area Makassar CFD antara lain Tanam Serentak Teknologi IPAT-BO, produk coklat dan kopi (UNHAS), Robot Tari (Poltek Ujung Pandang).

Karya inovasi sepeda Motor Listrik Roda 3, Drone Balap dan Hidroponik (UNM), Krim Antangan, Mineral Facial Mist, Tea Bag, Aromatheraphy (STIPA), Robot Pemadan Api (STIMIK Handayani), Alat Terapi Microcontroler (Univ. Sawerigading), Gyro Extreme.

Selain itu Viscositas Cairan, Penyelam Cartesian, Roket Air, Hukum Archimedes dan Demo Sains (PP Iptek Jakarta), Tank Scorpion, Demo statis Panser Anoa Amphibious (PT. Pindad), katanya.

Selain itu, juga terdapat permainan Ular Tangga SNI (BSN), alat peraga radiasi (BAPPETEN), dan Planetarium Mini (LAPAN), Mode Cosplay, Band Dapur (Politek Negeri Media Kreatif).

Direktur Sistem Inovasi selaku Sekretaris Umum peringatan Hakteknas 2017, Ophirtus Sumule menjelaskan bahwa di sepanjang rute Car Free Day juga dimeriahkan oleh stand komunitas, antara lain Makassar Go Community.

Serta Shot Photography Scool, Earth Hour Makssar, Komuintas Sepeda Tua, Zona Scooter, Kokaro, dan Bank Mandiri. Acara jalan sehat ditutup dengan pembagian Door Prize.

Sementara Menristekdikti, Mohamad Nasir, mengatakan Hakteknas ke-22 tahun 2017 adalah pertama kali diselenggarakan di luar Pulau Jawa dan pemilihan Kota Makassar dan Sulawesi Selatan sebagai lokasi puncak pelaksanaan Hakteknas ke-22.

"Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Pelabuhan Makassar adalah pintu gerbang laut Indonesia Timur, memiliki pelabuhan perikanan rakyat besar dengan dinamika pembangunan di pesisir yang paling tinggi di Indonesia," kata Mohammad Nasir.

Peringatan Hakteknas tahun ini diselenggarakan untuk menghargai seluruh komponen bangsa dalam menguasai, memanfaatkan dan mengembangkan iptek dan inovasi.

Kegiatan ini juga untuk membangkitkan daya kreasi dan inovasi anak bangsa serta menunjukkan keberhasilan dan prestasi yang membanggakan. Baik di bidang iptek dan inovasi berbasis maritim yang dihasilkan oleh lembaga litbang, perguruan tinggi, dunia usaha/industri dan komunitas/pegiat Iptek dan inovasi.

Adapun Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden No. 71 Tahun 1995.

Sejarah kebangkitan teknologi nasional berawal dari keberhasilan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.



Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024