Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Papua Barat Charles HP Hutauruk belajar "Sistem Informasi Pajak Daerah" (Sipada) di Bapenda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Kami ingin mempelajari program di Bapenda Sulsel untuk diterapkan di Bapenda Papua Barat," kata Charles di sela kunjungannya di Makassar, Selasa.

Charles yang didampingi Kabid Pengkajian, Pengendalian, Evaluasi Ahmad Fadillah, saat berada di ruang Teknologi Sistem Informasi (TSI) Bapenda Sulsel mengaku kagum dengan program yang ada di Bapenda Sulsel.

"Kami tidak perlu jauh-jauh belajar di Jakarta, karena di sini cukup lengkap," kata dia.

Sementara itu Kepala Bapenda Sulsel Tautoto TR menunjukkan "Sipada" yang digunakan Bapenda Sulsel. Sistem ini menggunakan sistem online dan real time yang melaporkan perkembangan pemasukan pajak ke kas Bapenda Sulsel.

"Melalui sistem ini saya dapat memantau pemasukan pajak setiap saat dari seluruh UPT di Sulsel," kata Tautoto.

Pihaknya, kata dia, juga menerapkan berbagai inovasi untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah.

Setidaknya terdapat 15 layanan unggulan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Sulsel, diantaranya adalah pelayanan SAMSAT LINK, GERAI SAMSAT, SAMSAT DRIVE THRU, SAMSAT KELILING, SAMSAT DELIVERY, dan pelayanan E-SAMSAT dengan BPD Sulselbar.

"Dengan berbagai kemudahan yang diberikan kami harapkan masyarakat akan termotivasi untuk membayar pajak mereka tepat pada waktunya, ini akan mendukung upaya pencapaian target pendapatan kami," kaya dia.

Dari ruang TSI Kepala Bapenda Sulsel yang didampingi Kepala UPT Wilayah Pendapatan Makassar I Harmin, Kepala UPT Wilayah Pendapatan Makassar II H. Reza Faizal Saleh, dan sejumlah pejabat di Sekretariat Bapenda Sulsel, lalu mengajak Charles berkeliling ke bagian-bagian lainnya di Bapenda Sulsel.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024