Ternate (Antara Sulsel) - Korem 152/Babullah Ternate, Maluku Utara menggelar patroli gabungan dengan anggota Kepolisian untuk menciptakan suasana kondusif di wilayah setempat.

"Dalam rangka cipta kondisi wilayah di Maluku Utara, Satuan Kodim jajaran Korem 152/Babullah menggelar patroli gabungan dengan menggandeng unsur Kepolisian maupun pihak lainnya yang digelar di seluruh wilayah Malut secara serentak," kata Ws Kapenrem 152/Babullah Lettu Inf Heru Darujito di Ternate, Minggu.

Menurut dia, kegiatan patroli gabungan ini difokuskan di sejumlah wilayah rawan guna mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

Selain itu, legiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggu dengan jadwal yang berubah-ubah melihat potensi kerawanan tersebut dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se-Maluku Utara dengan sasaran lokasi-lokasi rawan di wilayah masing-masing dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat aparat gabungan melaksanakan patroli cipta kondisi sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan tersebut juga rupanya mendapatkan apresiasi dari masyarakat terutama di kawasan rawan konflik Mangga Dua-Toboko," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya intensif melakukan patroli, sehingga kondisi dan suasana kamtibmas tetap terjaga.

Heru mengaku, patroli ini mendapat apresiasi dari sejumlah tokoh masyarakat dan senang dengan adanya patroli sehingga dapat menekan angka tawuran antar warga yang kerap terjadi diwilayahnya.

"Saya berharap agar kegiatan tersebut dilakukan rutin serta membubarkan anak-anak yang sedang pesta miras karena konflik yang terjadi selama ini dipicu oleh miras," katanya.

Dia menambahkan, kegiatan patroli ini merupakan perintah dari Komando Atas guna membantu pihak Kepolisian dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menciptakan situasi wilayah Maluku Utara yang kondusif.

Sebelumnya, pada patroli gabungan yang dilakukan TNI/Polri pada pekan lalu berhasil mengamankan sejumlah wanita tanpa dilengkapi indentitas. 

Pewarta : Abdul Fatah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024