Mamuju (Antara Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengajak masyarakat di daerahnya untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan.

"Gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat yang dicanangkan pemerintah pusat merupakan prorgram komiten bersama bagi seluruh komponen dan lapisan masyarakat Sulbar demi mencapai pola hidup yang sehat," kata Gubernur Sulbar di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, gerakan tersebut mesti dilakukan secara bersama-sama, dengan kesadaran, kemauan, kemampuan perilaku yang sehat, serta investasi gizi yang baik.

"Kiranya seluruh masyarakat dapat memperbaiki pola komsumsi gizi seimbang bagi keluarga, meningkatkan aktivitas fisik yang teratur dan terukur, menjaga lingkungan yang bersih, mengurangi konsumsi rokok dan alkohol serta dapat mengelola stres," katanya.

Menurut dia, masyarakat mesti membiasakan diri olahraga selama 30 menit setiap pagi dan jalan santai 30 menit karena itu dapat membakar 130 kalori dalam tubuh, ujar Ali Baal.

Ia mengatakan, pemerintah setempat telah membuat regulasi mendukung germas melalui Peraturan Gubernur tentang kawasan bebas rokok yang harus dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Dalam Pergub tersebut telah tercantum berbagai perangkat dan aturan-aturan yang harus ditaati bersama.

"Bagi yang merokok tolong hati-hati, kalau sembarang tempatnya merokok bisa didenda, dan juga nanti akan terbit perda tentang miras, dilarang atau dibatasi menjual minuman keras secara bebas," katanya.

Ia juga meminta agar setiap masyarakat yang akan membangun permukiman baru dapat mendirikan jambang keluarga karena itu juga mendukung pola hidup sehat.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024