Makassar (Antara Sulsel) - Pertamina Marketing Operation Region VII Sulawesi memastikan suplai gas atau LPG, Bahan Bakar Minyak (BBM), dan Avtur di seluruh wilayah Sulawesi aman pada Lebaran Idul Adha 1438 Hijiriah tahun 2017.

"Suplai dipastikan aman saat lebaran. Saat ini, ketahan pasokan BBM premium wilayah Sulawesi masih bertahan 14 hari, Solar 10,5 hari, LPG 11,2 hari, dan Avtur rata-rata 9,7 hari," kata GM Pertamina MOR VII Sulawesi, Joko Pitoyo, di Makasssar, Kamis.

Kendati demikian, selama periode 31 Agustus-3 September 2017, kata dia, konsumsi premium diperkirakan mengalami penurunan sebanyak 18 persen di bawah penyaluran normal atau sekitar 3.355 kilo liter per hari.

Sementara konsumsi Solar PSO dipredksi mengalami penurunan sebanyak 17 persen di bawah rata-rata penyaluran normal atau sekitar 1.727 kilo liter per hari. Sedangkan konsumsi Pertalite mengalami meningkat sembilan persen di atas penyaluran normal atau sekitar 2.427 kilo liter per hari.

"Untuk pasokan LPG, kami meningkatkan pasokan sebesar empat persen dari alokasi penyaluran normal, atau sebesar1.774 metrik ton per hari," beber Joko.

Di bidang aviasi, lanjutnya, pasokan Avtur di wilayah Sulawesi meliputi DPPU Sultan Hasanuddin, DPPU Tampa Padang, DPPU Haluoleo, dan DPPU Mutiara SIS Al-Jurfi, DPPU Bubung.

Dan DPPU Jalaluddin, dan DPPU Sam Ratulangi juga diperkirakan mengalami kenaikan sebesar tiga persen dari penyaluran normal, atau sebanyak 1.674 kilo liter per hari.

Khusus untuk DPPU Sultan Hasanuddin yang merupakan Bandara Embarkasi Haji di wilayah Sulawesi, rata-rata kebutuhan bahan bakar penerbangan sebesar 1.000 kilo liter untuk 170 penerbangan setiap harinya.

Selain menyiapkan pasokan, lanjut dia, Pertamina MOR VII akan menambah armada mobil tanki sebagai antisipasi lonjakan kebutuhan BBM dan berkoordinasi dengan kepolisian dan aparat terkait untuk kelancaran distribusi.

Persiapan "system contraflow" untuk pengiriman BBM di wilayah-wilayah padat wisata yang biasanya dipadati pengunjung disaat libur panjang lebaran telah dilakukan.

"Bila mengalami kesulitan, masyarakat di persilahkan untuk mengunduh aplikasi PertaminaGo di telepon seluler untuk mengetahui lokasi SPBU terdekat dan info-info promo di SPBU," tambahnya.

Apabila ada keluhan mengenai pembelian BBM dan LPG, kata dia, silahkan menghubungi tim yang siaga selama 24 jam di Contact Center Pertamina 1-500-000.

"Harapan kami agar libur panjang akhir pekan dan Hari Raya Idul Adha dapat berjalan dengan lancar," harap Joko Pitoyo.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024