Makassar (Antara Sulsel) - Melalui gerakan Makassar berkurban, sebanyak 6.306 ekor hewan kurban akan disembelih di berbagai tempat usai pelaksanaan salat Ied Idul Adha 1438 hijirah pada Jumat 1 September 2017.

"Jumlahnya sekitar enam ribuan, bila ditotal secara keseluruhan baik di 15 kecamatan dan 153 kelurahan serta SKPD dan sumbangan Pemrov Sulsel," sebut Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kota Makassar, Aswi Badawi, Kamis.

Bila dikumpulkan hewan kurban yang akan disembelih diketahui berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Makassar Kota Makassar berjumlah 73 ekor, Perusda Makassar 11 ekor.

Kemudian Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto 20 ekor, Wakil Wali Kota Syamsu Rizal dan bantuan Pemrov Sulsel masing-masing satu ekor dan SKPD Pemprov Sulsel tercatat 165 ekor.

Selanjutnya, 15 kecamatan dan 153 kelurahan di Kota Makassar juga berpartisipasi menyumbang hewan kurban, meski jumlahnya bervariasi. Rencananya, penyerahan jumlah hewan kurban tersebut secara seremoni akan dilaksanakan usai salat Ied.

Diketahui, jumlah sapi kurban akan disembelih terbanyak di Kecamatan Biringkanaya berjumlah 875 ekor, disusul Kecamatan Tamalanrea 698 ekor, Kecamatan Panakkukang 638 ekor, Kecamatan Rappocini 827 ekor, Kecamatan Tamalate 460 ekor dan Kecamatan Manggala 640 ekor.

Kemudian kecamatan baru terbentuk yakni Kecamatan Sanggarrang juga ikut berkurban dengan menyembelih sapi 39 ekor. Kecamatan lainnya juga akan menyembelih antara 100-200 ekor lebih hewan kurban.

"Hewan kurban tersebut dibeli di Perusda Rumah Potong Hewan, dan telah memiliki surat layak potong dikeluarkan Dinas Kesehatan," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Dari jumlah hewan kurban itu, kata Danny Pomanto menjelaskan, penyembelihan akan disebar di seluruh wilayah kota kecamatan dan kelurahan di Makassar. Sehingga baru tahun ini setiap kelurahan masing-masing memiliki hewan kurban untuk disembelih.

"Semua hewan kurban disebar baik di kelurahan maupun kecamatan agar merata pembagiannya. Dari 20 ekor sapi yang disumbangkan, 15 ekor diantaranya disembelih di kecamatan, sementara sisanya dibagikan kepada kelompok kurang mampu serta komunitas," tambah dia.

Tidak hanya hewan kurban Sapi, gerakan makassar berkurban juga akan menyembelih hewan kurban lainnya seperti kambing dengan jumlah total sebanyak 372 ekor.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024