Makassar (Antara Sulsel) - Sejumlah musisi nasional akan mengambil bagian pada pagelaran seni, budaya dan hiburan tahunan yang digelar oleh pemerintah kota bertajuk Makassar International Eight Festival atau lebih dikenal F8 Makassar.

"Musisi yang akan ambil bagian dengan menjadi bintang tamu itu antara lain Ari Lasso, Anji, Yovie and Nuno, Budi Doremi dan Trio Serigala," ujar Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar, Muhammad Roem di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, semua musisi nasional ini sangat antusias untuk mengikuti festival seni, budaya dan hiburan tahunan yang digelar Pemerintah Kota Makassar, apalagi waktu pelaksanannya yang cukup panjang.

Waktu pelaksanannya sendiri direncanakan berlangsung pada 6 hingga 10 September 2016 dengan mengambil tempat di Anjungan City of Makassar hingga Toraja dan Mandar.

"Akan ada banyak lagi musisi yang akan tampil dan tentunya juga para musisi lokal pastinya tidak akan mau kalah dengan menampilkan perform terabaiknya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menargetkan angka satu juta pengunjung pada Makassar International Eight Festival (F8) pada September 2017 atau lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

"Kami targetkan pengunjung F8 Makassar ini sekitar satu juta orang. Kami tidak main-main dan memang target harus tinggi," ucapnya.

Ia mengatakan festival tahunan Makassar ini akan lebih sukses dari tahun sebelumnya khususnya dari tingkat kunjungan di mana pada sebelumnya hanya sekitar 300 ribu orang.

Menurutnya, perhelatan Makassar F8 berbeda dengan tahun sebelumnya akan sedikit berbeda, kendati pada setahun lalu itu berjalan sukses dan bahkan telah melampaui target dari panitia penyelenggara.

Makassar F8 pertama yang digelar pada 8-10 September 2016 itu berjalan sukses dengan hadirnya para kepala daerah kabupaten/kota maupun provinsi serta para delegasi dan wisatawan luar negeri yang menjadi undangan.

Selama kegiatan, Makassar F8 telah sukses mendulang pengunjung hingga 290.574 orang, hampir lima kali lipat dari target 60.000 pengunjung yang ditarget oleh panitia penyelenggara.

"Dari segi target pastinya akan lebih besar lagi target tahun ini. Satu juta pengunjung target kita tahun ini, tahun lalu kan sampai lima kali lipat dari target yang datang," jelasnya.

Banyak hal menarik yang ditawarkan event yang mengangkat tema sentral penghormatan pada asal dengan menggali konsep akar sejarah, perubahan, pemahaman, dan implementasinya.

Setiap event Makassar F8 mengusung tema berbeda, seperti Fine Art yang menyajikan delapan event mengusung tema The Pride of Makassar.

Ada perlombaan melukis bagi pelajar SMP hingga perguruan tinggi di awal pembukaan, juga ada pameran melukis bersama masyarakat sepanjang 200 meter selama lima hari yang diawali dengan melukis di atas kain sepanjang 40 meter.

Ditambah live painting di 10 titik dari ujung Jalan Haji Bau sampai Makassar Golden Hotel. Selain itu, ada body painting di tiga titik anjungan dengan tema pahlawan.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024