Makassar (Antara Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto optimistis, target satu juta pengunjung pada ajang Makassar International Eight Festival (F8)yang digelar mulai 6-10 September 2017 akan tercapai.

"Kami targetkan pengunjung F8 Makassar ini sekitar satu juta orang. Kami tidak main-main dan memang target harus tinggi," kata Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, Selasa.

Ia mengatakan, festival tahunan Makassar ini akan lebih sukses dari tahun sebelumnya khususnya dari tingkat kunjungan di mana pada sebelumnya hanya sekitar 300 ribu orang.

Menurutnya, walaupun berjalan sukses, bahkan telah melampaui target yang ditetapkan panitia, perhelatan Makassar F8 tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Makassar F8 pertama yang digelar pada 8-10 September 2016 berjalan sukses dengan hadirnya para kepala daerah kabupaten/kota maupun provinsi serta para delegasi dan wisatawan luar negeri yang menjadi undangan," katanya.

Kegiatan Makassar F8 pada 2016 lanjut dia, sukses mendulang pengunjung hingga 290.574 orang, atau hampir lima kali lipat dari target 60.000 pengunjung yang ditetapkan panitia penyelenggara.

"Dari segi target, pastinya akan lebih besar lagi jumlah pengunjung tahun ini. Satu juta pengunjung target kita tahun ini sementara tahun lalu bisa sampai lima kali lipat dari target yang ditetapkan," jelasnya.

Danny menyatakan, waktu perhelatan untuk tahun ini jauh lebih panjang dari tahun sebelumnya.

Pada 2016 kata dia, penyelenggaraan Makassar F8 berlangsung serlama tiga hari sementara tahun ini dijadwalkan digelar selama lima hari.

"Tahun ini kita gelarselama  lima hari, yakni mulai 6-10 September 2017. Tempatnya juga masih sama, di anjungan Pantai Losari," katanya.

Banyak hal menarik yang ditawarkan pada kegiatan yang mengangkat tema sentral penghormatan pada asal dengan menggali konsep akar sejarah, perubahan, pemahaman, dan implementasinya.

Pada setiap pagelaran Makassar F8 mengusung tema berbeda, seperti Fine Art yang menyajikan delapan kegiatan mengusung tema 'The Pride of Makassar'.

Pada ajang tersebut digela berbagai lomba, diantaranya perlombaan melukis bagi pelajar SMP hingga perguruan tinggi di awal pembukaan, juga ada pameran melukis bersama masyarakat sepanjang 200 meter selama lima hari yang diawali dengan melukis di atas kain sepanjang 40 meter.

Ditambah live painting di 10 titik dari ujung Jalan Haji Bau sampai Makassar Golden Hote serta  body painting di tiga titik anjungan dengan tema pahlawan.

"Direncanakan mengadakan `fine art touring` di Pulau Lae - Lae dan Leang - Leang yang dimanfaatkan sebagai media promosi Makassar F8," terang Azis, kurator fine art, saat rapat kordinasi.   

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024