Makassar (Antara Sulsel) - Sebanyak 11.438 sarjana mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan pada sesi lanjutan ujian Computer Assisted Test (CAT).

"Tes pertama khusus Sarjana dan diploma mulai tanggal 11-16 September atau mulai hari Senin sampai Sabtu nanti. Rencananya pak Menteri Aparatur Negara RB akan berkunjung ke Makassar untuk meninjau," sebut Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Sahabuddin Kilkoba di lokasi tes kampus STIE Amkop Makassar, Selasa.

Sedangkan untuk gelombang kedua akan diikuti peserta dari SLTA pada 25 September sampai 3 Oktober 2017. Untuk kouta penerimaan PNS di Kanwil Kemenkumham, ungkap dia, sebanyak 651 orang, dengan rincian 541 orang untuk tingkatan SLTA sedangkan sisanya 90 orang untuk sarjana.

"Lulusan SLTA nantinya akan ditempatkan menjadi sipir di Rutan dan Lapas se Sulsel sebelumnya akan mengikuti pelatihan dasar, dan lulusan sarjana akan ditempatkan di Imigrasi, Bapas, AKI dan Kanwil Kemenkumham," ucapnya.

Selain itu, ujian kali ini, lanjut dia, ujian CAT bisa langsung diketahui hasilnya, siapa yang layak lulus dan tidak melalui pengumuman. Pada hari pertama, dari seratusan peserta sesi pertama, hanya belasan orang yang lulus.

"Seluruh peserta diwajibkan mengenakan pakaian hitam putih dan sepatu hitam, membawa nomor tes berkas serta KTP dan Ijazah asli untuk diverifikasi faktual agar tidak terjadi kecurangan. Bila ditemukan joki maka langsung ditangkap polisi, kita sekarang transparan dan terbuka," tegas Kilkoba.

Seleksi CPNS Kemenkumham tersebut bertindak sebagai panitia CAT adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV. Kualifikasi pendidikan S1 berlangsung 11-16 September 2017.

Pelaksanaan tes CAT berada di dua lokasi, yakni Kantor BKN Regional IV Makassar jalan Paccerakkang, dan Kampus Stie Amkop Makassar, jalan Meranti Makassar.

Pelaksana tugas Kantor BKN Regional IV Makassar, Kaharuddin mengemukakan, pihaknya mempersiapkan sebanyak 400 komputer tes uji pengetahuan umum, dan kepribadian. Untuk ujian di kantor BKN disiapkan 100 unit komputer dan di kampus Stie Amkop sebanyak 300 unit

Peserta yang ikut tes CAT tahap awal diketahui sebanyak 11.438 peserta, mereka adalah pelamar dengan kualifikasi pendidikan sarjana maupun diploma.

"Tahap kedua akan diikuti pelamar dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat sebanyak 30.115 orang atau terbanyak dibanding sarjana. Tes CAT dimulai pada 25 September-3 Oktober," ujarnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024