Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah setempat menyiapkan Gerakan 1.000 Kebaikan atau G 1.000 G (goodness).

"Tahun lalu program ini telah kita laksanakan dengan memberikan manfaat langsung pada masyarakat dan tahun ini kita ingin lebih fokus dan lebih baik lagi," kata gubernur pada rapat persiapan pelaksanaan "Gerakan 1.000 Kebaikan" di Makassar, Jumat.

Gerakan 1.000 Kebaikan merupakan program prioritas Pemerintah Provinsi Sulsel berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018.

Gerakan ini akan diikuti oleh Pemprov Sulsel, pemerintah kabupaten/kota, BUMN, BUMD, sektor swasta dan masyarakat.

Gubernur menegaskan program Gerakan 1.000 Kebaikan tahun ini harus lebih baik dibandingkan pelaksanaannya tahun lalu.

Gubernur berpesan agar manfaat kegiatan ini dapat dirasakan secara langsung.

"Dampaknya harus terukur dengan jelas," imbuhnya.

Penanggung jawab untuk kegiatan tersebut, kata Syahrul, juga harus jelas, serta melibatkan mitra kerja di luar institusi.

Beberapa kegiatan diantaranya, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel misalnya dengan program kegiatan Gerakan Masyaraka Hidup Sehat (Germas) yang akan dilaksanakan di Puskesmas dan Pustu berupa pelayanan check-up kesehatan dan senam kebugaran di 24 kabupaten dan kota.

Sementara itu Dinas Ketahan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulsel dengan program kegiatan pelepasan varietas cabe lada Katokkong Sayang 10 ribu pohon di kabupaten/kota di Sulsel. 

Pewarta : Nurhaya J. Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024