Makassar (Antara Sulsel) - Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan mencatat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Makassar merupakan yang tertinggi dari 24 kabupaten dan kota di provinsi itu.

"IPM adalah suatu proses untuk memperbanyak pilihan-pilihan yang dimiliki oleh manusia. Ada banyak indikator yang menjadi acuannya untuk menilai IPM itu," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Nursam Salam di Makassar, Senin.

Ia menjelaskan, diantara banyak indikator pilihan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terpenting adalah berumur panjang dan sehat, untuk berilmu pengetahuan dan untuk mempunyai akses terhadap sumber daya yang dibutuhkan agar dapat hidup secara layak.

Bukan cuma itu, Nursam juga mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM di bangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar.

"Jadi ada tiga dimensi yang menjadi dasar kami melakukan pendekatan, seperti umur panjang dan sehat; pengetahuan, dan kehidupan yang layak," katanya.

Ditambahkannya, ketiga dimensi tersebut memiliki pengertian sangat luas karena terkait banyak faktor. Untuk mengukur dimensi kesehatan, digunakan angka harapan hidup waktu lahir.

Selanjutnya untuk mengukur dimensi pengetahuan, kata Nursam, dalam dialog dengan wartawan itu, digunakan gabungan indikator angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah.

Adapun untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indikator kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak.

Sementara itu, berdasarkan hasil pendataan Makassar memiliki IPM yang mencapai persentase 80,53 persen. Sementara daerah yang juga tertinggi IPM nya yakni Kota Parepare 76,48 persen, Kota Palopo 76,45 persen, Kabupaten Luwu Timur 70,95 persen dan kabupaten Enrekang 70,79 persen.

Sementara IPM kategori sedang dipegang 19 kabupaten lainnya. Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam menyebutkan Makassar merupakan pusat kota yang ada di Sulsel, itulah yang menjadikannya kota peraih IPM tertinggi dari daerah lainnya.

"IPM Makassar tinggi karena Makassar adalah pusatnya, sehingga memang ada daerah yang perlu dipacu agar bisa lebih kuat dan cepat dalam perkembangannya," terangnya. 

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024