Bantaeng (Antara Sulsel) - Sekitar 200 siswa Sekolah Dasar Inpres Tappanjeng Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan melakukan kampanye bersepeda ke sekolah menindaklanjuti imbauan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah.

"Kami berinisiatif menindaklanjuti surat imbauan Bupati Bantaeng, dan secara langsung mengajak murid SD INP Tappanjeng untuk bersepeda ke sekolah. Dan mengundang Kadispora Bantaeng untuk mendukung agenda siswa sehat dan ini kegiatan ekstrakurikuler kami,"  ujar Kepala SD Inpres Tappanjeng, Hasnah di Bantaeng, Sabtu.

Selain itu, kata Hasna, para siswa  diajak membawa sepeda ke sekolah, dan lainnya berjalan kaki mengelilingi Kota Bantaeng dan dikawal Sattuan Lalu Lintas Polres Bantaeng.

Menurutnya, Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah mengeluarkan surat nomor 427.2/434/IX/2017 tertanggal 13 September 2017 tentang Imbauan Bersepeda ke Tempat Kerja dan Sekolah serta memanfaatkaan kawasan sport centre di Pantai Seruni Bantaeng.

Hasnah didampingi Pengawas Gugus SD INP Tappanjeng Sainong menambahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantaeng Syahrul Bayan telah mensosialisasikan sepeda yang sehat dan aman dengan menggunakan safety riding.

"Ternyata luar biasa ajakan berkampanye bersepeda ke Sekolah ini sudah akan menjadi rutin kami dari Dispora Bantaeng sekaligus berkolaborasi dengan beberapa SKPD lainnya termasuk dengan Satlantas Polres Bantaeng," ujar Syahrul Bayan yang juga Ketua Bike to Work (B2W) Bantaeng.

Syahrul menambahkan, dukungan ini menjadi bukti kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak, untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Germas di Bantaeng dan ajakan bersepeda ke sekolah atau  Bike to School (B2S).

Selain bersepeda, juga dilakukan penyuluhan bersepeda yang baik oleh tokoh masyarakat dan penggiat bersepeda Bantaeng, Hidayat Mahmud  di Anjungan Pantai Seruni Bantaeng.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024