Bantaeng (Antara Sulsel) - Pemerintaha Kabupaten Bantaeng bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) Cabang Makassar menggelar seminar kesehatan jantung dalam rangka Hari Jantung se-Dunia di Bantaeng, Sabtu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng  Abdul Wahab yang mewakili Bupati Bantaeng mengatakan tingginya angka penderita serangan jantung karena perubahan pola hidup yang tidak aktif secara fisik, malas berolahraga, mengkonsumsi makanan olahan siap saji, dan lain sebagainya.

"Melalui seminar kesehatan ini, diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat Bantaeng akan pentingnya pola hidup sehat," jelasnya.

Sekda juga mengimbau agar para peserta seminar dapat menghindari rokok dan alkohol, mengkonsumsi buah-buahan, serta menghindari tingkat stres yang berlebihan.

Seminar dengan mengusung tema "Serangan Jantung Dapat Membunuhmu, Serangan Jantung Dapat Dicegah". Tema tersebut memiliki makna bahwa serangan jantung dapat membunuh, akan tetapi dapat dicegah sebelumnya. Tentunya dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Selain seminar kesehatan, rangkaian kegiatan lainnya dalam memperingati Hari Jantung Sedunia, antara lain pelatihan bantuan hidup dasar, serta pemeriksaaan kesehatan jantung dilaksanakan di berbagai tempat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Ketua PERKI Makassar Idar Mappangara, para Pimpinan OPD, para Camat, serta pegawai lingkup Pemeeintah Kabupaten Bantaeng.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024