Mamuju (Antara Sulbar) - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Barat Kombes Polisi Dedi Sutarya meminta agar nilai nilai pancasil dijalankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dengan peringatan hari kesaktian Pancasila maka setiap pejabat dan pegawai pemerintah harus tetap komitmen kepada menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," katanya di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, Pancasila harus tetap ada di Republik Indonesia, dan nomor satu adalah dari mempertahankan kebhinnekaan sebagai pilar bangsa, dan kesaktian pancasila harus tetap dijaga dan dipertahankan.

"Nonton bareng Film G30S/PKI hendaknya menjadi pengetahuan sejarah bagi generasi Indonesia agar kita mengetahui perjuangan pendahulu kita, sehingga akan menimbulkan spirit dan bisa lebih waspada lagi agar peristiwa kelam bangsa ini tidak lagi terjad," ujarnyai.

Sementara Bupati Kabupaten Mamuju Habsi Wahid mengatakan, Pancasila adalah jati diri bangsa, sebagai falsafah, ideologi dan alat pemersatu.

"Pancasila merupakan pandangan hidup dan dasar negara Indonesia yang majemuk serta harus dijunjung tinggi dan merupakan harga mati bagi bangsa Indonesia," katanya.

Bupati mengungkapkan, nilai-nilai luhur Pancasila harus senantiasa ditanamkan dalam pelaksanaan pemerintahan.

"Apabila nilai-nilai luhur Pancasila sudah ditanamkan, tanggung jawab sebagai pemerintah akan terlaksana dengan baik," ucapnya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024