Makassar (Antara Sulsel) - Peringatan HUT TNI ke-72 di Makassar menampilkan sosio-drama tentang perjuangan Karaeng Bonto Marannu melawan penjajah kolonial yang dilakokan ratusan personil TNI.

Ketua Panitia HUT KE TNI Ke-72 Wilayah Makassar Kolonel Laut (KH) Sunarto disela-sela HUT TNI ke-72, Kamis mengatakan, sosio-drama dibuat lebih kreatif supaya bisa menjadi bermakna dan menghibur masyarakat.

Melalui nilai-nilai kejuangan Karaeng Bonto Marannu yang ditampilkan di Lapangan Karebosi ini diharapkan dapat ditularkan kegenerasi penerus.

"Dalam Sosio-drama ini akan merefleksikan kegigihan perjuangan yang dilakukan Karaeng Bonto Marannu dalam mengusir penjajah pada saat itu," katanya.

Sementara yang bertindak menjadi Komandan Upacara pada peringatan HUT TNI ke-72 itu adalah Letnan Kolonel Laut (P) Sunandar Wahyudi yang juga Dandim Intel Lantamal VI.

Sedang Kepala Staf Kodam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Supartodi membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Usai kegiatan upacara peringatan HUT TNI ke-72 dilanjutkan dengan parade defile pasukan dan Alutsista yang merupakan sarana pendukung prajurit TNI di medan tempur yang dipimpin Komandan Defile Letnan Kolonel Kaveeri Budi.

Pada kegiatan tersebut juga ditampilkan kendaraan tempo dulu seperti sepeda onthel dan kendaraan roda dua dan roda empat era kolonial.

Sebelumnya juga ditampilkan atraksi pencak silat yang merupakan gabungan ketiga angkatan dengan menampilkan pematahan besi dragon, beton dan jurus-jurus silat.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024