Mamuju (Antara Sulbar) - Kepolisian Sektor Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, mengamankan seorang pria berusia 26 tahun karena memanjat pagar Bandar Udara Tampa Padang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulbar Ajun Komisaris Besar Polisi Mashura ketika dihubungi di Mamuju, Selasa, membenarkan informasi tersebut.

"Pria itu diamankan petugas Aviation Securitya (Avsec) karena memanjat pagar pembatas bandara, kemudian langsung dibawa ke Polsek Kalukku," ujar Mashura.

Pria tersebut belakangan diketahui sebagai calon penumpang Wings Air dengan tujuan Mamuju-Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dari pemeriksaan, pria yang diketahui beralamat di Dusun Sandana I, Desa Sandana, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju tersbeut nekat melakukan aksi memanjat pagar pembatas Bandara Tampa Padang karena takut ketinggalan pesawat.

Berdasarkan penjelasan Kapolsek Kalukku, peristiwa tersebut berawal sekitar pukul 08.05 Wita. Saat itu, yang bersangkutan berada di samping kanan terminal bandara, tiba-tiba dia melihat pesawat Wings Air sudah persiapan bergerak dari apron ke "taxi way" (landas ancang).

"Karena takut ketinggalan pesawat, calon penumpang itu kemudian nekat memanjat pagar besi yang ada di bandara. Atas tindankannya itu, petugas Avsec langsung mengamankannya dan membawanya ke Polsek Kalukku oleh Pratu Mei Saputra dan Bripka Naro Adi untuk pemeriksaan lebih lanjut," terang Mashura.

Akibat adanya aksi nekat calon penumpang tersebut, lanjut Mashura, petugas bandara sempat melakukan pemeriksaan di seluruh area bandara untuk memastikan tidak adanya unsur kriminal.

"Seluruh personel bandara yang bertugas sempat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan menyisir seluruh halaman bandara guna memastikan keamanan bandara dari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Setelah dinyatakan aman, akhirnya pesawat Wings Air IW 1303 "take off" menuju Makassar pada pukul 08.15 Wita dalam keadaan aman dan lancar, kata Mashura.

Pewarta : Amirullah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024