Makassar (Antara Sulsel) - Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan, penunjukkan Makassar atau Sulawesi Selatan melaksanakan tiga agenda besar nasional pada tahun ini sebagai bentuk kepercayaan terhadap kinerja para pemimpin daerah tersebut.

"Terima kasih karena secara khusus terhadap Gubernur Sulsel dan pemerintah Kota Makassar karena dalam satu tahun telah menyelenggarakan tiga kegiatan nasional masing-masing Harteknas, Pimnas dan sekarang Pomnas 2017. Ini tentunya bentuk kepercayaan terhadap gubernur," katanya.

Ia menjelaskan, khusus pelaksanaan pomnas yang secara resmi dibuka, Sabtu, secara pribadi maupun selaku dirjen begitu berbahagia bisa hadir sebagai utusan dari Menristekdikti yang belum sempat hadir dalam acara pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) di GOR Unhas Makassar.

Kemeriahan yang terjadi serta semangat para atlet dan setiap kotingen untuk bisa meraih hasil terbaik dan membuat harum daerahnya masing-masing merupakan hal yang begitu positif demi peningkatan prestasi olahraga Indonesia ke depan.

"Pomnas merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Kegiatan olahraga ini sebagai momentum meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, para atlet dari mahasiswa juga telah memberikan prestasinya di ajang internasional untuk mengharumkan nama bangsa," ucap Intan.

Menurut dia, Pomnas juga sebagai wahana pembentukan karakter dan meningkatkan sportivitas dan semangat juang, jiwa kompetitif dan jiwa pemenang juga membentuk dan rasa persaudaraan dan membangun soliditas antar komponen bangsa sekaligus menjaga NKRI, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

"Kami laksakan sebaik mugkin dan harus kerja lebih keras lagi untuk meningkatan prestasi olahraga Indonesia. Saya juga apresiasi pencapaian SEA Games 2017 lalu, dimana atlet-atlet Indonesia yang diantaranya juga hadir di sini (Pomnas), telah memberikan kontribusi luar biasadan harus kita tingkatkan lagi kedepan," jelasnya.

Pomnas XV 2017 mempertandingkan 14 cabang resmi dan dua eksibisi yakni sepak takraw, cabang atletik, Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bulutangkis, Catur (Balai Sidang Unibos), Futsal, Karate, cabang Kempo, Pencak Silat, Petanqu, Renang, Tarung Derajat, Tenis Lapangan.

Sedangkan untuk cabang olahraga eksibishi yakni Gateball dan Selam. Untuk Gateball telah diselesaikan sejak Jumat dengan mengukuhkan Provinsi Sulawesi Utara sebagai juara umum dengan perolehan dua medali emas dan satu perunggu.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024