Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar menyerahkan sebanyak 20 ribu bibit ikan lele kepada perwakilan masyarakat di Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya untuk dibudidayakan.
"Hari ini kita berikan 20 ribu bibit ikan lele kepada warga yang ada di Kelurahan Paccerakkang untuk dibudidayakan dan semoga ini bermanfaat," ujar Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar, Abdul Rahman Bando di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.
Ia mengatakan, penyerahan bibit ikan lele kepada salah satu kelompok binaan Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar itu setelah sebelumnya diberikan pendampingan dan pelatihan tentang pengelolaan budidaya tersebut.
Bibit ikan lele yang diserahkan itu diharapkan mampu untuk meningkatkan ekonomi keluarga warga yang telah membudidayakannya, apalagi budidaya ini dilakukan secara berkelompok.
"Tujuannya memang dilakukan pendampingan dan pelatihan itu agar warga bisa mandiri dan kreatif dalam mengembangkan apa yang telah diberikan kepadanya supaya bisa meningkatkan ekonomi keluarganya masing-masing," katanya.
Rahman Bando menuturkan bahwa ikan lele dapat diolah menjadi bahan jadi seperti abon ikan lele, nugget, bakso, bahkan keripik daging dan tulang lele.
"Kita punya kelompok binaan di Kaccia, Barombong sudah mengembangkan keripik dari tulang lele yang dijual ke penjual sari laut," ungkapnya.
Ia melanjutkan, pelatihan kepada warga merupakan penjabaran visi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk merekonstruksi nasib rakyat menuju sejahtera berstandar dunia.
"Jadi kami melatih masyarakat agar membuka lapangan kerja secara mandiri dan tidak bergantung kepada pemerintah," katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024