Makassar (Antara Sulsel) - Pihak Universitas Hasanuddin menyiapkan arena khusus bernama Unhas Market sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk mempromosikan dan memasarkan produk wirausahanya ke masyarakat umum.

Kepala Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis (UPKB) Unhas, Mardiana E Fachry di Makassar, Kamis, mengatakan produk mahasiswa akan dipamerkan di Unhas Market secara bergantian secara rutin.

"Setiap minggu kita gelar (Unhas market) dengan menampilkan produk-produk mahasiswa secara bergiliran. Untuk setiap minggu ada sekitar 20 hingga 30 mahasiswa yang menggelar produknya di ajang itu," katanya.

Sebelumnya, kata dia, ada mahasiswa yang menyajikan kuliner sate dari jamur. Sate ini bebas kolesterol dan banyak mengandung protein tinggi dan orang bisa makan tanpa rasa khawatir.

Ia menjelaskan, pihaknya memang berupaya melaksanakan atau menggelar setiap mingu secara rutin. Namun demikian, terkadang ada pula kendala seperti dana dan waktu karena mahasiswa juga harus melakukan aktifitas perkuliahan.

Pada pelaksanaan Unhas Market perdana pada 27-29 September 2017, berlangsung cukup meriah di pelataran Gedung Baruga Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea.

Kegiatan tersebut juga lebih semarak karena dirangkaikan kegiatan talkshow bisnis, success story, dan networking.

Menurut dia, penciptaan wirausaha baru khususnya dikampus bukan lagi sekedar wacana, tapi sudah menjadi aksi nyata.

Dirinya juga begitu bersyukur karena kini sudah banyak anak-anak lulusan Program Mahasiswa Wirausahan (PMW) yang berhasil dan usahanya berjalan, memperkerjakan orang, dan memiliki konstribusi sosial dalam sebagai social entrepreneur.

Ini yang membangkan kita, bahwa kampus tidak menyumbangkan pengangguran lagi, tetapi telah melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang membuka lapangan pekerjaan," jelas Dosen Senior Fakultas ilmu kelautan dan Perikanan tersebut.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024