Gowa (Antara Sulsel) - Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan mendapat penghargaan atas program pendidikan yang dijalankannya khususnya pada sistem pendidikan khususnya kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB).

"Alhamdulillah, penghargaan yang kita terima tidak terlepas dari peran serta dari semua pihak, baik itu SKPD maupun media massa yang selalu menyebarkan informasi mengenai program kita," ujar Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Minggu.

Ia mengatakan, penghargaan sebagai tokoh pendorong kemajuan yang diberikan oleh salah satu media massa terkemuka di Sulawesi Selatan adalah hasil dari kerja keras dalam membangun sumber daya manusia (SDM).

Adnan juga mengaku jika program SKTB memungkinkan peserta didik untuk menguasai semua kompetensi sebagaimana dinyatakan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar serta dirumuskan dalam nilai kompetensi kelas minimal.

Memberikan pelayanan pendidikan secara maksimal pada anak didik dalam suasana pendidikan yang kondusif, sehingga peserta didik dapat belajar secara optimal dalam suasana belajar yang menyenangkan dan dapat menuntaskan pencapaian kompetensi pada seluruh mata pelajaran di setiap kurikulum satuan pendidikan.

Memberikan kesempatan kepada peserta didik yang dapat menuntaskan penguasaan semua kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran sebelum waktunya untuk diberikan kesempatan mengambil kompetensi dasar berikutnya tanpa harus menunggu tahun pelajaran berikutnya/masa kenaikan kelas.

Lebih lanjut dijelaskan, program ini membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara utuh seperti kecerdasan spritual, kecerdasan emosional, intrapersonal, kecerdasan intelektual dan kecerdasan sosial.

Kemudian, kecerdasan spesial, kecerdasan berbahasa, kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik untuk pembentukan kepribadian bermoral, sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar.

"Yang terakhir, meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global," jelasnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024