Makassar (Antara Sulsel) - Provinsi Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah Akkarena Marching Band Competition (AMBC) tahun ke III yang akan berlangusung 3-5 November 2017 di GOR Sudiang Makassar.

"Kami berharap tahun ini AMBC dapat memberikan pengalaman yang baru dan berharga bagi para peserta," kata Wakil Ketua Panita Pelaksana, Haslan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Selain itu, pihaknya berharap kepada masyarakat dapat berpartisipasi baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan semangat kepada seluruh peserta dan mendukung penyelenggaraan AMBC III demi kesuksesan kompetisi agar berjalan dengan lancar, selain menjadi hiburan juga membawa nama baik Sulsel.

Promotor kegiatan ini mengemukakan, kompetisi Marching Band juga merupakan rangkaian hari jadi Provinsi Sulsel ke-348 tahun dan memperebutkan piala Wakil Gubernur Sulsel H Agus Arifin Nu`mang.

Color Guard Makassar (CGM) bersama Marching Addected (BC Squad) selaku panitia penyelenggara antusias dan optimistis pelaksanaan AMBC III dapat berjalan dengan baik dan sukses seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini persiapan sudah hampir rampung, baik teknis maupun non teknisnya. Tahun ini peserta yang berpartisipasi meningkat dari tahun sebelumnya," sebut Haslan.

Dirinya menyebutkan sebanyak 35 tim yang terbagi dalam tiga divisi yakni Junior, Senior dan Open Class, sudah bersiap untuk bertanding pada pegelaran tersebut.

Para peserta terdiri dari tingkat pelajar mulai SD, SMP, SMU serta Perguruan Tinggi yang datang dari berbagai Kota dan provinsi di Indonesia, seperti Toli-toli, Gorontalo, Sulawesi Utara, Palu, Poso, Mamuju, Polman, dan daerah lainnya.

Kegiatan ini, kata dia, bernilai positif untuk mengembangkan ilmu dan wawasannya dibidang seni khususnya seni musik. Dalam hal organisasi, mereka dapat membentuk karakter pribadi mereka sendiri, belajar untuk disiplin dan bekerja sama dalam tim.

Haslan menambahkan kegiatan tersebut diharapkan mampu mengasah otak dan meningkatkan kreatifitas anak muda seusia mereka khususnya di bidang marching band dan mendorong mereka untuk menjauhi pergaulan bebas dan kenakalan remaja yang kini menjadi perhatian khusus guru dan orang tua.

Untuk mata lomba yang akan dipertandingkan pada AMBC III antara lain, Display Show, Street Parade, Percussions dan Color Guard Contest serta Individual Contest.

Sedangkan untuk dewan Juri, tambah dia, didatangkan dari tingkat nasional yang berpengalaman dan telah diakui kredibilitasnya di dunia marcing band tanah air guna memberikan penilaian secara objektif kepada peserta.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024