Mamuju (Antara Sulbar) - Sebanyak 15 lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXIII resmi ditugaskan sebagai aparatur sipil negara dilingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Sekertaris Provinsi Sulbar, Ismail Zainuddin di Mamuju, Senin, melakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) penempatan 15 lulusan IPDN di lingkup Pemprov Sulbar.

Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Ditjen Otoda Kemendagri menyaksikan penyerahan SK

Ismail Zainuddin mengatakan, keberadaan lulusan IPDN dalam setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hendaknya dapat mewarnai dan menjadi contoh bagi aparatur lainnya dalam hal etos kerja, semangat pengabdian dan loyalitas.

"Di setiap organisasi itu ada budaya kerja serta kultur, sehingga saya berharap agar saudara tidak berbudaya dengan kultur-kultur yang ada, namun sebaliknya saudara mampu membuyadakan kultur-kultur yang baru untuk melakukan inovasi-inovasi dan perubahan yang ada di organisasi itu," ujarnya.

Ismail juga berharap agar lulusan IPDN dapat menjadi pionir dalam penyelangaraan pemerintahan di Provinsi Sulbar dan kabupaten se-Sulbar, serta tetap konsisten dalam menjalankan tugas dan kewajiban sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 yaitu ASN harus memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan Bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara RI 1945.

Direktur Fasilitasi kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Ditjen Otoda Kemendagri, Makmur Marbun mengatakan, salah satu agenda prioritas yang dikenal dengan Nawacita yaitu untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan.

"Agenda itu harus kita maknai bersama sebagai bentuk komitmen Pemerintah, dalam rangka pengembangan wilayah dan memajukan daerah, ASN lulusan IPDN sebagai kader pemerintahan dalam negeri dan pelopor revolusi mental yang telah disiapkan melalui pendidikan kepamongprajaan, kiranya dapat memberikan sumbangsi nyata dalam tantangan tersebut," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024