Makassar (ANTARA Sulsel) - Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) meminta pemerintah Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk tidak berhenti membuat program-program wisata.

Permintaan tersebut disampaikan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Iptek Kementerian Budaya dan Pariwisata Titin M.Soekarya pada pembukaan Visit Losari, Jumat, mewakili Menbudpar Ad Interm Muhammad Nuh.

"Jangan berhenti untuk membuat program pariwisata seperti 'Takabonerate Island Expedition' dan 'Visit Losari' agar terus mendapatkan perhatian di tingkat nasional dan mancanegara," ujarnya.

Pernyataan ini sekaligus merupakan dukungan kepada pemerintah kota Makassar dan Provinsi Sulsel untuk terus mengembangkan segala potensi pariwisata yang dimiliki

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang dan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin meminta dukungan pemerintah pusat pada program-program pariwisata daerah dan pengembangan lokasinya.

Permintaan tersebut juga dimaksudkan agar posisi kota Makassar sebagai kota dengan tingkat kunjungan tertinggi tahun 2008 hingga akhir Agustus 2009 dapat terus dipertahankan.

Ia juga meminta pemerintah daerah tidak mengabaikan potensi wisatawan nusantara atau kunjungan dari masyarakat Indonesia di daerah lain.

Pertumbuhan pariwisata Makassar tahun 2008 mencapai 66 persen sebagai kota yang bandara-nya paling sering dikunjungi di atas Jakarta, Bali, Minangkabau, dan Manado.

Posisi ini masih bertahan hingga akhir Agustus, 2009 di atas Minangkabau, Manado, Pekanbaru dan Medan.

Pencapaian ini merupakan bagian dari program 'Visit Indonesia Year' 2008 yang berhasil menarik 6,4 juta wisatawan mancanegara atau meningkat 16,4 persen dari tahun 2007 dengan jumlah devisa 7,3 miliar dolar AS atau meningkat 37,7 persen dari tahun sebelumnya.

Jumlah perjalanan wisatawan nusantara pada tahun lalu tercatat 225 juta kali perjalanan dengan jumlah uang yang masuk melalui jasa tranportasi, akomodasi, penjualan cenderamata dan lainnya sebesar Rp123,17 triliun.
(T.PSO-100/Z004)


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024