Makassar (Antara Sulsel) - Proses penggantian nama jalan di Makassar dari Jalan Landak menjadi Jalan Andi Djemma diupacarakan berdasarkan adat Luwu.

"Ini adalah realisasi dari rencana lama di mana sejumlah nama-nama jalan akan diganti dengan nama jalan baru khususnya Jalan Landak yang sekarang berubah menjadi Jalan Andj Djemma," ujar Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, penggantian nama jalan itu telah sesuai dengan rencana pemerintahan lama yakni Ilham Arif Sirajuddin pada 2007 lalu, namun baru bisa direalisasikan saat ini.

Nama jalan Andi Djemma sendiri sebenarnya sudah lama menjadi usulan apalagi Andi Djemma adalah salah satu nama pahlawan nasional yang juga tokoh dari tanah Luwu itu sendiri.

Apalagi pada saat penggantian nama itu diupacarakan sesuai dengan adat Luwu yang ditandai dengan pemecahan kendi dan disaksikan langsung Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau beserta tetamu lainnya.

"Perubahan nama jalan Landak Baru menjadi Andi Djemma sudah direncanakan sejak tahun 2007 tetapi baru terlaksana tahun ini. Di tahun 2007 itu pemerintah Kota Makassar sudah menetapkan dalam peraturan daerah Kota Makassar tetapi pada saat itu belum dibuatkan peraturan SK Wali Kota sehingga belum terealisasi," katanya.

Dengan didampingi Legislator DPR Aliyah Mustika Ilham, Deng Ical -- sapaan akrab Syamsu Rizal menuturkan, dalam konteks pemerintah Kota Makassar, pihaknya tidak ingin memperlakukan yang tidak semestinya bagi nama-nama pahlawan yang tentu saja menjadi kebanggan warga semuanya.

"Kami tidak mau sama sekali ada masalah dalam proses kulturnya, makanya di ulang tahun ke-410 Kota Makassar inilah baru dilakukan pergantian nama jalan Landak Baru jadi Andi Djemma, yang berlangsung dengan lancar," kata Deng Ical

Sementara, Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau mengatakan sangat mengparesiasi apa yang telah dilakukan pemerintah Kota Makassar dengan menjadikan nama Pahlawan Andi Djemma menjadi nama jalan di Kota Makassar

"Dibuatkannya nama pahlawan Andi Djemma di Kota Makassar,sehingga ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Luwu," ujar Andi Maradang Mackulau.

Turut Hadir, Anggota DPD RI? Aziz Kahar Mudzakkar, Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Mas Guntur Laupe dan Calon Bupati Luwu, Buhari Kahar Mudzakkar serta beberapa pejabat lainnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024