Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu`mang mengatakan spesies pohon langka, khususnya yang berkhasiat obat seperti Pohon Seppang yang hanya tumbuh di daerah ini harus dilestarikan.

"Saya berharap kalau ada spesies pohon langka tetapi dapat dijadikan obat seperti Pohon Seppang agar dilestarikan," kata Agus Arifin Nu`mang pada Pencanangan Gerakan 1000 Kebaikan (G1000G) dengan penanaman spesies pohon langka di 1.000 titik di Makassar, Selasa.

Menurut Wagub, air rebusan kulit kayu Pohon Seppang yang berwarna seperti sirop merah sangat berguna untuk mengatasi penyakit asam urat.

"Kalau kita terus mengkonsumsi air rebusan kulit kayu Seppang maka kita bisa makan coto (makanan khas Makassar) setiap hari karena tidak bakal terserang penyakit asam urat," ucapnya.

Selain Pohon Seppang, kata Agus, juga tumbuhan berkhasiat lain seperti Pohon Kelor dan Pohon Sanrego, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Wagub mengapresiasi pelaksanaan program penanaman bibit spesies pohon langka di 1.000 titik yang tersebar di Sulsel oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulsel.

"Kami berharap bibit pohon langka ini dapat dimanfaatkan dan tetap dipelihara," ujarnya.

Kepala Balitbangda Sulsel M. Iqbal mengatakan jenis bibit pohon yang ditanam dalam gerakan tersebut di antaranya pohon asam, durian, coppeng, dan beberapa jenis bambu.

"Melalui kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan fungsi ekosistem hutan kota, meningkatkan kesejukan lingkungan kantor dan sekolah, serta reviatalisasi bantaran sungai dengan penanaman beberapa jenis bambu," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J. Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024