Surabaya (Antara Sulsel) - Sekertariat Dewan DPRD Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi atas Kunjungan Kerja (Kunker) balasan Sekertariat DPRD Sulsel ke Kota Surabaya, Jatim.

"Kami memberikan apresiasi atas kunjungan balasan ini. Tentunya kami menyambut baik dengan kehadiran mereka disini," sebut Sekertaris Dewan DPRD Jatim, Ahmad Jailani di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Menurutnya, kedatangan rombongan staf Setwan DPRD Sulsel membawa serta jurnalisnya berkunjung ke Surabaya dalam rangka penyebarluasan informasi dan publikasi kerja dewan.

Selain itu, jalinan silaturahmi dan komunikasi akn semakin dipererat satu sama lain apalagi ini terkait dengan program penyebaran informasi dan publikasi.

"Komunikasi kami dengan DPRD Sulsel akan semakin dekat, bukan hanya sesama sekertariat saja, tapi sesama jurnalis dan anggota dewan Sulsel dan Jatim juga semakin erat," paparnya.

Sementara Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Jurnalis DPRD Jatim sebagai mitra kerja Setwan, Riko Abdiono dalam pertemuan itu mengemukakan, kunjungan balasan ini adalah bentuk terbangunnya komunikasi dengan baik antarjunalis Sulsel dan Jatim.

"Kami juga memberikan apresiasi atas kunjungan balasan ini. Tentu dengan sinergitas satu sama lain maka akan terciptanya hubungan emosional dengan komunikasi yang baik," tambahnya.

Sedangkan Ketua Pokja DPRD Sulsel, Arief Situju menuturkan, kunjungan ini bagian dari terjalinnya silaturahmi baik Setwan maupun Jurnalis di Jatim khususnya berposko di DPRD.

Dirinya juga menyinggung sedikit tentang perilaku anggota dewan di era ini, sebab masih ada beberapa orang enggan dan malas membangun komunikasi dengan jurnalis, padahal itu penting demi pencitraannya serta bisa lebih dikenal masyarakat.

"Kunjungan ini merupakan program dari Setwan DPRD Sulsel dalam melakukan penyebaran informasi dan publikasi kerja dewan di luar daerah seperti di Surabaya saat ini," tambahnya.

Kepala Bagian Perundang -undangan dan Informasi DPRD Sulsel, Surya Darma Thomas pada kesempatan itu mengemukakan, tujuan utama Kunker di Surabaya, Jatim, selain penyebaran informasi dan publikasi juga pengembangan wawasan bagi staf serta jurnalis.

"Kegiatan ini memang bagian dari program Sekertaris Dewan yang dilakukan setiap tahun selain penyebaran informasi juga peningkatan wawasan serta SDM staf dan jurnalis yang bertugas di DPRD Sulsel," katanya.

Sebelumnya, Sekertariat DPRD Sulsel bersama sejumlah jurnalis telah melakukan kunjungan kerja di DPRD Jatim pada 2013 lalu. Dalam pertemuan itu beberapa kerja sama terjalin dengan baik termasuk penyebaran informasi di daerah masing.

Kunjungan balasan pun dilaksanakan Setwan DPRD Jatim ke Makassar dengan agenda Kunker termasuk sharing pendapat terkait sejumlah hal termasuk penyamaan presepsi tugas belum lama ini di kantor DPRD Sulsel.

"Ada sinkronisasi program terkait dengan penyebaran informasi kerja-kerja dewan. Kunjungan ini menguatkan kerja sama antar sekertariat DPRD. Kami berharap kerja sama ini terus terjalin dalam perluasan serta penyebaran informasi dewan utamanya ke masyarakat," ucap Surya.

Dalam kunjungan tersebut di kantor DPRD Provinsi Jawa Timur, rombongan diterima Sekertaris Dewan Ahmad Jailani, Kepala Bagian Perundang-undangan Sri Hajarwati diketahui hari ini memasuki masa pensiun, Kabag Persidangan Subarno, Kabag Dokumentasi Informasi dan Publikasi Setiowati serta staf Sekertariat Dewan setempat.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024