Sungguminasa (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mengapresiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI yang menggelar kegiatan Temu Fasilitasi Akses Kredit Peternakan bekerja sama Dinas Perkebunan dan Peternakan Gowa bagi para peternak.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Gowa memberikan apresiasi yang tinggi kepada OJK Regional VI dan Dinas Perkebunan, Peternakan Gowa atas inisiasi fasilitasi tersebut yang mana tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan para peternak," ujar Sekda Gowa Muchlis di Gowa, Selasa.

Ia mengatakan, temu fasilitasi akses kredit peternakan ini akan menjadi berita hangat bagi para peternak khususnya yang ingin mengembangkan lagi peternakannya menjadi lebih besar lagi.

Muchlis mengaku, kredit adalah salah satu upaya dalam meningkatkan bisnis dan dirinya mengharapkan, bantuan kredit dan kemudahannya bagi peternak akan menjadi pendorong dalam peningkatan kesejahteraan tersebut.

"Semoga dengan adanya fasilitasi ini dapat mempermudah akses peternak dalam memperoleh bantuan kredit dari perbankan yang memang sudah ditunjuk oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini BPD Sulsel," katanya.

Kepala Bagian Kemitraan OJK Andi Muh Yusuf mengatakan, temu fasilitasi ini merupakan bentuk kerja sama dari Program Tim Percepatan Akselerasi Daerah yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kepada pemerintah daerah.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, memperluas dan mempermudah akses keuangan kepada pelaku usaha yang akan menggandeng Bank Sulselbar dari pihak perbankan, sedangkan dari pihak penjamin akan menggandeng Asuransi Askrindo," ujarnya.

Lebih lanjut Andi Muh Yusuf mengatakan, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan pelaku usaha di Kabupaten Gowa mengingat sektor tertentu masih terkendala dalam bidang kredit.

"Dari data yang ada di OJK, akses keuangan yang ada di Gowa untuk usaha tertentu lebih besar kreditnya daripada dana yang telah dihimpun pelaku usaha. Untuk itu kami dari tim percepatan ini bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha dalam mendekatkan akses ini, baik yang bergerak di bidang peternakan maupun pertanian," tambahnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024