Makassar (Antara Sulsel) - PT Garuda Indonesia, Tbk Kalimantan, Sulawesi dan Papua Region membuka rute baru di enam lokasi yang melingkupi Kawasan Indonesia Timur dan Barat Indonesia dengan frekuensi 3 - 4 kali dalam sepekan.

"Pembukaan rute baru ini diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata di sejumlah daerah di timur maupun barat Indonesia, sekaligus mempermudah akses hubungan antardaerah," kata Vice President Kalimantan, Sulawesi dan Papua Region I Wayan Supatrayasa di Makassar, Jumat.

Pada kegiatan peresmian rute baru itu, Wayan Supatrayasa mengatakan, enam rute baru yang disasar itu adalah Makassar - Kupang PP yang mulai efektif pada 16 Desember 2017 dengan jawal penerbangan 4 kali seminggu.

Sedang rute baru Makassar - Palopo efektif pada 18 Desember 2017 setiap hari Senin, Rabu dan Jumat atau tiga kali sehari. Untuk rute Luwu - Palu PP mulai beroperasi pada 19 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan tiga kali sepekan.

"Untuk ke wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) ada dua rute yakni Makassar - Raha PP dan Kendari - Wakatobi PP masing-masing empat kali sehari," kata Wayan.

Khusus ke wilayah Barat Indonesia, lanjut dia, dibuka rute baru Makassar - Medan yang efektif pada 20 Desember 2017  dengan jadwal setiap hari.

Keenam rute tersebut menggunakan pesawat CRJ Bombardier 1000 Next Gen yang menerbangi Makassar - Kupang dan Makassar - Medan dengan kapasitas 96 seat. Sedang pesawat ATR72-600 akan menerbangi Makassar - Palopo, Kendari - Wakatobi,  Luwuk - Palu dan penambahan rute Makassar - Raha yang memiliki kapasitas 70 tempat duduk.

"Dengan adanya penambahan rute baru ini, diharapkan dapat membantu percepatan pengembangan destinasi pariwisata di KTI sesuai dengan program Nawacita bapak presiden," pungkas Wayan Supatrayasa.

Termasuk mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, karena akses yang lebih mudah ke destinasi Wakatobi yang menjadi salah satu dari 10 top destinasi wisata prioritas Indonesia.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024