Makassar (Antaranews Sulsel) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) North Region telah menyiapkan jaringannya agar tetap prima mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik khususnya menghadapi liburan panjang Natal dan Tahun Baru.

Head of North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi di Makassar, Jumat, mengatakan berdasarkan tahun sebelumnya maka diprediksi akan terjadi kenaikan trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data dibandingkan hari-hari normal.

"Dalam beberapa tahun terakhir, mobilitas masyarakat Indonesia dalam mengisi libur panjang natal dan tahun baru semakin meningkat. Selain melakukan perjalanan, mereka juga banyak yang memanfaatkan waktu luang liburan untuk melakukan aktivitas digital," katanya.

Masyarakat tidak hanya sekadar mengucapkan selamat merayakan namun juga berbagi pengalaman dan informasi melalui dunia maya. Ini memang semakin menjadi keseharian masyarakat Indonesia dan hal inilah yang terutama menjadi faktor pendorong meningkatkan trafik layanan di setiap masa libur panjang," lanjutnya.

Selama natal dan tahun baru, kata dia, diperkirakan akan ada kenaikan trafik pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal.

Untuk layanan data yang telah disokong oleh 4G LTE, diperkirakan akan meningkat secara signifikan mencapai 35 persen. Demikian juga untuk layanan voice yang diperkirakan akan mengalami peningkatan 34 persen.

Sedangkan peningkatan layanan SMS diperkirakan mencapai 30 persen. Strategi antisipasi kenaikan trafik oooleh pihaknya juga menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan.

Untuk itu, pihaknya melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan seperti antara lain Sumatera Utara dan Sulawesi Utara. Juga daerah tujuan wisata popular, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Selain itu juga menyasar ke lokasi-lokasi tujuan wisata dan pusat keramaian seperti pusat-pusat perbelanjaan.

Di wilayah North yang mencakup Kalimantan dan Sulawesi, diperkirakan lonjakan trafik akan terjadi di beberapa kota besar seperti Manado, Pontianak, Balikpapan, Makassar dan Banjarmasin terutama di public area seperti Bandar Udara, Pusat Wisata dan Pusat Hiburan.

Tidak hanya menyangkut jaringan, provider ini juga telah menyiapkan diri dari sisi layanan pelanggan. Tim call center XL Axiata bersiap selama 24 jam sehari dan tujuh hari sepekan dengan total sekitar 500 petugas.

Pengaturan waktu kerja petugas layanan pelanggan ini juga dimaksimalkan, antara lain dibentuk tim back-up yang sewaktu-waktu harus bertugas akan bisa langsung ikut membantu melayani pelanggan. Koordinasi yang solid antara tim layanan pelanggan dengan tim yang menangani jaringan serta teknologi informasi juga disiapkan untuk bersama membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan teknis.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024