Rantepao (Antaranews Sulsel) - Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo atas kegigihannya dalam mempromosikan objek wisata dan budaya yang ada di daerahnya.

        "Pak gubernur senantiasa mendorong dan membantu mempromosikan keindahan objek wisata di daerah ini juga wisata budayanya yang tergolong unik," katanya di sela rangkaian kegiatan 'Lovely December' 2017 di Lapangan Bakti Rantepao Kabupaten Toraja Utara, Kamis.

        Kegiatan Lovely December yang digelar setiap akhir tahun dan sudah berlangsung yang ke-10 pada masa kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo, sarat dengan even atraksi budaya, kontes kerbau khas 'tedong bonga' dan lomba lampu hias pohon Natal.

        "Beliau juga berusaha mendatangkan bapak Presiden dan Menteri Pariwisata, namun karena kesibukan yang begitu padat, tidak sempat ke Toraja Utara, meskipun telah dijadwalkan sebelumnya," ujarnya.

        Hal itu dibenarkan Gubernur Sulsel Syarul Yasin Limpo saat memberikan sambutan pada acara festival dan karnaval budaya, serta kontes kerbau di Lapangan Bakti Rantepao.

        "Saya sudah berusaha mendatangkan bapak Presiden dan juga dua menteri ke sini, namun karena kesibukan di bidang masing-masing, sehingga belum bisa hadir di tempat ini," katanya sembari memohon maaf kepada warga Toraja.

         Kendati demikian, lanjut Syahrul, kegiatan 'Lovely December' yang dikemas dengan baik tersebut tetap mendapat banyak kunjungan, baik dari wisatawan lokal, wisatawan nusantara maupun mancanegara.

         Gubernur juga menyatakan terus berupaya mendorong perbaikan infrastruktur di Toraja untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata yang merupakan objek wisata terbaik ketiga, setelah Bali dan Danau Toba.

         "Salah satu yang diupayakan adalah pengoperasian Bandara Buntu Kuning yang direncanakan pada tahun 2018," katanya.

         Pada rangkaian kegiatan 'Lovely December' 2017 ini, turut dihadiri Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan unsur forum koordinasi pimpinan daerah itu.

         Acara berikutnya adalah pentas seni yang digelar pada Kamis (28/12) malam dan penutupan kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (30/12) malam.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024