Mamuju (Antaranews Sulsel) - Bupati Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Habsi Wahid menyerahkan bantuan 14 unit kapal fiber kepada kelompok nelayan di daerah itu.

Penyerahan bantuan kapal fiber kepada nelayan tersebut berlangsung di Lingkungan Tambi, Kelurahan Mamunyu, Jumat.

Bupati berharap, kapal yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan para nelayan untuk mencari ikan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Saya berharap, kapal ini dipergunakan sebaik-baiknya sehingga kebutuhan para nelayan dapat terpenuhi dan perekonomian mereka juga dapat lebih meningkat," tutur Habsi Wahid.

Bantuan kapal tersebut lanjut Bupati, memang merupakan program prioritas pemerintah daerah dengan harapan, dapat meningkatkan produktivitas dan hasil tangkapan para nelayan di Kabupaten Mamuju.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mamuju Lukman Sanusi mengatakan, bantuan kapal fiber tersebut dilengkapi dengan sarana alat tangkap dan pengamanan tangkap.

Kapal yang diserahkan itu lanjut Lukman Sanusi sudah dilengkapi alat pancing, pelampung, GPS serta kompas.

"Selama ini kami menyerahkan bantuan hanya kapal. Tetapi kali ini kapal yang diberikan kepada kelompok nelayan sudah dilengkapi dengan sarana alat tangkap dan pengaman tangkap, jadi lebih kompleks," terang Lukman Sanusi.

Ia menjelaskan, kelebihan dari kapal fiber yaitu lebih mudah dalam perawatan, kemudian dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1 GT, juga dilengkapi dengan bak penampungan ikan dan es balok.

Adapun kelompok nelayan yang menerima bantuan tambahnya, berasal dari seluruh kecamatan wilayah pesisir yang ada di Kabupaten Mamuju, yakni Kecamatan Mamuju, Simboro, Kalukku, Tapalang, Tapalang Barat, Papalang dan Kepulauan Bala-Balakang.

Program tersebut kata Lukman Sanusi akan berlanjut pada 2018.

"Namun sebelumnya akan dilakukan testimoni terkait kekurangan kapal fiber yang dirasakan oleh nelayan, sebab ini merupakan kegiatan baru. Saya meminta kepada kepada kelompok nelayan yang belum mendapat bantuan kapal, agar segera memasukkan proposalnya ke DKP Kabupaten Mamuju," ujar Lukman Sanusi.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024