Makassar, (Antaranews Sulsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memperkirakan cuaca pada malam pergantian tahun akan berawan dan nanti setelah pagi berpotensi turun hujan.

"Cuaca pada pagi hari hingga malam itu di tanggal 31 Desember akan berawan dan sebagian wilayah di Sulawesi Selatan juga terjadi hujan," ujar Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Siswanto di Makassar, Minggu.

Sedangkan perkiraan cuaca untuk keseluruhan wilayah Sulawesi Selatan berpotensi hujan pada beberapa wilayah saja seperti utara provinsi ini.

Potensi terjadinya hujan ringan akan terjadi di wilayah Masamba, Palopo, dan Barru, sedangkan wilayah lainnya masih berawan.

Pada dini hari sebelum dan sesudah pergantian tahun kondisinya masih berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Bone, Sinjai, Pinrang, Kota Parepare, Barru, Pangkajene, Bulukumba, dan Belopa.

"Secara keseluruhan wilayah Sulsel itu cerah berawan dan berpotensi hujan ringan. Nanti setelah pergantian tahun baru akan ada potensi hujan ringan dan lebat," katanya.

Untuk suhu udara sendiri berkisar pada 20 - 31 derajat celcius dengan kelembaban udara 70-85 persen serta kecepatan angin dari barat daya-barat laut mencapai 5-20 kilometer per jamnya.

Siswanto menambahkan beberapa hari terakhir ini kondisi cuaca di beberapa wilayah Sulawesi Selatan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat karena pertumbuhan awan.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya daerah pertemuan angin di atas wilayah Sulawesi Selatan dan bertiupnya angin Baratan yang membawa uap air penyebab tumbuhnya awan dan hujan.

Kendati demikian diperkirakan dalam beberapa hari ke depan, intensitas dan distribusi curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan cenderung mengalami penurunan.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024