Makassar (Antaranews Sulsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU)Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan tahapan pendaftaran terakhir untuk bakal calon (Balon) gubernur dan wakil gubernur Sulsel, yakni pasangan Ichsan Yasin Limpo - Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dan pasangan Agus Arifin Nu`mang-Tanribali Lamo (AAN-TBL) pada Rabu (10/1).

"Sesuai penyampaian jadwal pihak KPU Provinsi Sulsel bahwa pasangan IYL-Cakka akan mendaftar pada pukul 09.00 Wita, kemudian berselang dua jam berikutnya pasangan Agus Arifin Nu`mang-Tanribali Lamo," kata Humas KPU Sulsel Asrar Marlang di Makassar, Selasa.

Menurut dia, untuk kesiapan pihak KPU Sulsel dalam menyambut para bakal calon gubernur dan wakil gubernur akan sama dengan penerimaan pada hari pertama tahapan pendaftaran di Kantor KPU Sulsel.

Sebelumnya pada hari Senin (8/1) KPU Provinsi Sulsel telah menerima pendaftaran dua balon gubernur dan wakil Sulsel masing-masing pasangan Nurdin Halid-Azis Kahar Mudzakar dan pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaeman.

"Pihak pengamanan akan berjaga-jaga di dalam dan di luar kantor KPUD," kata Asrar.

Menanggapi ada isu bahwa salah satu pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yakni pasangan Agus Arifin Nu`mang-Tanribali Lamo kemungkinan tidak akan hadir mendaftar di Kantor KPU Sulsel pada Rabu (10/1), Asrar mengatakan pihaknya tetap menunggu dua pasangan balon sesuai surat penyampaian ke KPU Sulsel sebelumnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan bahwa pasangan Agus Arifin Nu`mang-Tanribali Lamo saat ini baru menghimpun dukungan dari Partai Gerinda dengan 11 kursi dan PBB satu kursi, sehingga totalnya baru 12 kursi.

Sementara syarat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk maju bertarung pada Pilgub Sulsel periode 2018 - 2022 sebanyak 17 kursi, sehingga masih membutuhkan lima kursi lagi bagi pasangan Agus Arifin Nu`mang dan Tanribali Lamo.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024