Makassar (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meresmikan Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Jeneponto, di Kabupaten Jeneponto, Rabu.

"Hadirnya kantor ini akan memacu pelayanan publik yang lebih baik dan masyarakat akan lebih sadar untuk membayar pajak," kata Gubernur Syahrul usai meresmikan dan meninjau fasilitas tersebut.

Kantor ini, kata Syahrul, dimaksudkan untuk memenuhi kewajiban pemerintah agar warga negara dapat menikmati fasilitas publik sehingga dapat menyelesaikan pembayaran pajaknya dengan baik,

Masyarakat Sulsel dan Jeneponto, menurut Syahrul, adalah masyarakat yang taat membayar pajak.  "Dari pajak masyarakat, pemerintah mampu menghadirkan fasilitas dan pelayanan publik yang baik," sebutnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (bapenda) Sulsel Tautoto TR mengatakan UPT ini hadir karena Kabupaten Jeneponto yang terus tumbuh dan berkembang, baik dalam jumlah penduduk, maupun jumlah kendaraan yang ada.

Tautoto menyebutkan data pada tahun 2016 penduduk Jeneponto sebanyak 357.807 jiwa, sedangkan jumlah kendaraan per 31 Desember 2017 mencapai 43.914 unit kendaraan.

"Ini menunjukkan Jeneponto merupakan wilayah yang potensial untuk berkontribusi terhadap pendapatan daerah," ucapnya.

Sementara, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar berharap hadirnya Kantor UPT Pendapatan Wilayah ini dapat meningkatkan penerimaan daerah, sehingga dapat meningkatkan dana bagi hasil daerah

"Di tahun 2017 kemarin, kita peroleh dana bagi hasil sebesar Rp45 miliar, dimana tahun-tahun sebelumnya hanya berkisar antara Rp20 miliar hingga Rp30 miliar, kita berharap akan lebih meningkat lagi nanti," sebut Iksan.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024