Mamuju (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 40 pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengikuti "assesment job fit" atau pemetaan jabatan.

"Sesuai dengan daftar, `assesment job fit` ini diikuti 43 orang, namun ada tiga orang yang berhalangan, yakni Kepala Dinas Transmigrasi Muhammad Hamzih, Kepala BKD Amujib serta Kepala Biro Humas dan Protokol Eman Hermawan," kata Ketua Tim Penilai Lukman, di Mamuju, Selasa.

Kegiatan tersebut kata Lukman, terbagi atas tiga, yakni "assesment center` dilaksanakan 22-23 Januari, wawancara kompetensi bidang oleh tim pansel yang dilaksanakan pada 29-30 Januari 2018 oleh PKP2A2 LAN serta psikotes dalam rangka menggali potensi dari masing- masing peserta.

"Psikotes untuk menggali potensi dari peserta dimana terdiri dari kompetensi bidang, kompetensi manajerial dan potensi," kata Lukman.

Tim penilai atau asesor dari PKP2A2 LAN Makassar berjumlah 31 orang yang telah bersertifikat.

"Sebagian dari tim penilai itu sudah masuk kategori administrator dan masing-masing sudah memiliki pengalaman kerja lima tahun ke atas atau minimal pernah menfasilitasi kegiatan `assesment center` sebanyak sepuluh kali," katanya.

Ia menambahkan, pada Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (Perka BKN) Nomor 7 Tahun 2013 disebutkan bahwa ada 33 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang yang telah menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama, madya maupun utama dan ada sepuluh kompetensi sesuai dengan hasil rapat dengan Gubernur Sulawesi Barat yang akan menjadi tolak ukur melalui kegiatan "assesment center`, yakni integritas, orientasi pada pelayanan, inovasi, membangun ruang kerja, kepemimpinan, manajemen perubahan, komunikasi lisan, perencanaan, pengambilan keputusan dan berpikir kontes.

"Di dalam kegiatan assesmen, kompetensi ini tidak dapat kami munculkan kalau tidak dimiliki dan itulah salah satu kelebihan dari asesmen center, bukan sesuatu yang dipikirkan, akan tetapi sesuatu yang pernah kita lakukan," kata Lukman.

Tim penilai yang diketuai Lukman tersebut juga didampingi Nurati Rajab, Sakib, Andi Salfia, Edi Saputra, Irwan Anas, Masita serta Asriani Rasyid.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024