Makassar (Antaranews Sulsel) - PT Pertamina Marketing Operasional Regional (MOR) VII menyasar siswa-siswa Sekolah Dasar (SD) dalam menyosialisasikan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Karena usianya masih dini, kami berharap nilai-nilai budaya K3 lebih mudah mereka terima, tanamkan, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Unit Manager Komunikasi dan CSR PT Pertamina MOR VII M. Roby Hervindo yang ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi tersebut di Makassar, Sabtu.

Sosialisasi kepada siswa ini dilakukan dengan berbagai cara yang menarik, di antaranya melalui lomba gambar, mewarnai, dan menuturkan cerita.

"Untuk lomba mewarnai, misalnya, kita berikan gambar yang menunjukkan tidak boleh bermain HP di SPBU, jadi anak-anak tahu itu berbahaya dan mereka juga bisa mengingatkan orangtuanya," jelas pria yang akrab dipanggil Roby ini.

Sosialisasi dengan metode ceramah dan penjelasan kepada siswa juga diberikan secara paralel di setiap kelas.

Dalam kegiatan ini, beberapa petunjuk K3 yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari juga disosialisasikan, seperti menyeberang di "zebra cross" dan berhati-hati saat berjalan di atas permukaan lantai yang basah.

"Budaya K3 ini bisa anak-anak terapkan dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Sejauh ini, kata dia, sosialisasi baru dilakukan di satu sekolah yakni SDN Mangkura 3 Makassar. Sekolah ini, berada dalam kompleks SDN Mangkura yang terdiri atas empat sekolah, sehingga diharapkan nilai-nilai K3 ini dapat ditularkan ke sekolah lain.

"SDN Mangkura 3 ini kami harapkan nantinya menjadi sekolah percontohan untuk `safety school,`" ujarnya.

Dalam sosialisasi ini, para siswa juga dibekali dengan pengetahuan dasar keselamatan serta pengenalan produk Pertamina yang disampaikan secara menarik lewat story telling oleh para Pekerja Pertamina bekerjasama dengan pengajar dari Universitas Hasanudin Makassar.

Pada kesempatan ini, Pertamina juga menyerahkan bantuan sarana prasarana penunjang pendidikan kepada SDN Mangkura 3.

"Bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian Pertamina dalam mendukung kegiatan pendidikan khususnya bagi siswa sekolah dasar yang juga sejalan dengan salah satu pilar program CSR Pertamina yakni Pertamina Cerdas," pungkas Roby.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024