Makassar (Antaranews Sulsel) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mendorong para mahasiswa untuk memiliki keunggulan dan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler yang diprogramkan.

"Unhas akan terus-menerus mendorong mahasiswanya agar memiliki kreativitas dan membuktikan diri sebagai mahasiswa yang memiliki keunggulan dan karakter," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Ir Abdul Rasyid Djalil di Makassar, Sabtu.

Ia menjelaskan, Unhas telah membuka ruang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk menunjukkan kreatifitasnya yang bermanfaat sepanjang sesuai dengan koridor aturan yang berlaku.

"Kami mendukung sepenuhnya para peserta Kokurikuler untuk ikut berkompetisi pada level nasional dan internasional," jelasnya pada acara pembukaan Kokurikuler FISIP Unhas hari ini.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unhas hari ini menggelar pembukaan Ekstra Kurikuler Semester Akhir 2017/2018.

Kegiatan yang berlangsung di Pelataran Baruga AP Pettarani Unhas ini juga dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaa dan Alumni FISIP Unhas (yang juga merupakan Pembina Kokurikuler FISIP), Dr. Rahmat Muhammad, M.Si, para Ketua Departemen di lingkungan FISIP, dosen-dosen pengasuh Kokurikuler, dan para mahasiswa yang memprogramkan Kokurikuler.

Untuk semester akhir 2017/2018, kata dia, terdapat 14 bidang peminatan yang ditawarkan melalui mata kuliah Kokurikuler yang meliputi bidang olah raga, seni, kerohanian, dan penalaran.

14 kegiatan ekstrakurikuler itu masing-masing DB3 Voice (Paduan Suara), olahraga karate, seni tari, pencak silat, fotografi, jurnalistik, karya tulis ilmiah dan debat bahasa inggris.

Selanjutnya kerohanian Islam Ibnu Khaldun, bola basket, kewirausahaan, sepak bola, penalaran dan bola Voli.

Salah seorang dosen pengasuh Kokurikuler FISIP Unhas, Aswin Baharuddin, M.Si mengatakan kegiatan selama satu semester ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk membentuk jati dirinya.

"Ekstra kurikuler bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakat mereka di bidang olahraga, seni dan penalaran," kata Aswin.

Dirinya juga menekankan pentingnya para mahasiswa untuk menjadikan Ekstra kurikuler sebagai ruang untuk mengekspresikan potensi diri.

"Semoga mahasiswa menjadi sehat dan selalu bersenang-senang di pelaksanaan kokurikuler sepanjang semester," katanya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, prestasi mahasiswa Unhas mengalami peningkatan signifikan. Dari berbagai indikator kinerja, bidang kemahasiswaan menunjukkan prestasi mengagumkan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kokurikuler yang dilaksanakan setiap semester merupakan salah satu wadah pembinaan di tingkat fakultas yang menjaring minat dan bakat mahasiswa dalam prestasi non-akademik, yang tentu saja mendukung prestasi akademik.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024