Burnley  (Antaranews Sulsel) - Manchester City gagal memetik poin penuh setelah ditahan imbang 1-1 pada laga Premier League di kandang Burnley, meskipun The Citizens mendominasi dan punya banyak peluang, tapi penyelesaian yang buruk membuat mereka gagal menang.

Bertandang ke Turf Moor, Sabtu, City tak diperkuat David Silva yang mendapatkan cedera pada laga sebelumnya. Absennya Silva memberi kesempatan kepada Ilkay Guendogan untuk tampil sebagai starter.

Di lini belakang, kapten tim Vincent Kompany dan Danilo diturunkan sejak menit pertama. Pemain baru Aymeric Laporte kali ini cuma duduk di bangku cadangan.

Pada laga ini, City unggul penguasaan bola hingga 70,9%. Mereka membuat 20 percobaan mencetak gol dan tujuh di antaranya tepat sasaran. Sementara Burnley cuma membuat delapan percobaan dan tiga yang mengarah ke gawang.

Meski punya banyak peluang, City cuma unggul 1-0 di babak pertama. Tembakan jarak jauh Danilo pada menit ke-22 membawa tim tamu memimpin.

City punya beberapa kesempatan emas untuk mencetak gol tambahan di babak kedua, tapi mereka menyia-nyiakannya. Hal ini memberi harapan kepada Burnley untuk menyamakan skor.

Burnley akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-82 melalui sontekan Johann Berg Gudmundsson. Saat City berusaha mencetak gol kedua, sisa waktu sudah terlalu sempit.

Dengan hasil ini, City masih memuncaki klasemen Premier League dengan perolehan 69 poin. Mereka unggul 16 poin atas Manchester United, yang baru bertanding melawan Huddersfield Town beberapa saat lagi. Adapun Burnley duduk di posisi ketujuh dengan 36 poin.

Jalannya Pertandingan

City mengendalikan jalannya permainan sejak awal. Tapi, tim tamu kesulitan untuk menembus kotak penalti yang dipenuhi oleh pemain Burnley. Dalam 20 menit pertama, mereka cuma punya satu peluang bersih lewat sundulan Kompany yang bisa diamankan oleh kiper Burnley, Nick Pope.

Karena rapatnya pertahanan Burnley, City mulai mencoba tembakan jarak jauh. Cara ini ternyata efektif dan berbuah gol Danilo pada menit ke-22.

Berawal dari situasi tendangan sudut, Kevin De Bruyne memberikan operan pendek kepada Bernardo Silva, yang meneruskannya kepada Danilo. Danilo yang berdiri bebas di luar kotak penalti melepaskan tembakan melengkung yang terlalu sulit untuk dijangkau oleh Pope. City memimpin 1-0.

City berpeluang menambah keunggulannya pada menit ke-29 melalui Raheem Sterling. Tapi, tembakan Sterling mengarah tepat ke pelukan Pope.

Berselang dua menit, gawang City terancam oleh tembakan first time Ben Mee. Beruntung buat City, Ederson Moraes menunjukkan refleks prima untuk mementahkan tembakan Mee.

Burnley mendapatkan peluang lagi di menit ke-37. Mee menyambut sebuah bola sepak pojok, tapi sundulannya masih meleset dari sasaran.

City merespons lewat sebuah serangan balik. De Bruyne yang membawa bola dari lini tengah melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi dimentahkan oleh Pope. Sergio Aguero yang berada di mulut gawang gagal memanfaatkan bola muntah.

Di menit-menit akhir babak pertama, Aguero menyia-nyiakan peluang bagus. Tembakannya dari jarak dekat dengan mudah digagalkan oleh Pope.

Meski Burnley mencoba bermain lebih ofensif di awal babak kedua, kontrol permainan tetap jadi milik City. City punya peluang untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-54 dalam sebuah serangan yang terbangun rapi, tapi penyelesaian Sterling melambung.

Tak berselang lama, Danilo nyaris mencetak gol dengan cara yang sama dengan golnya di babak pertama. Tapi, kali ini tembakan jarak jauhnya ditepis oleh Pope.

Memasuki menit ke-69, Burnley nyaris menyamakan kedudukan. Aaron Lennon melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti, tapi Ederson secara luar biasa mampu menepis bola ke mistar gawang. Gawang City pun selamat.

Sterling layak meratapi kegagalannya memanfaatkan kesempatan emas beberapa saat kemudian. Dia berdiri bebas di mulut gawang ketika menyambut umpan silang dari Kyle Walker. Meski tinggal mendorong bola ke dalam gawang, tapi Sterling gagal melakukannya dengan sempurna. Sontekannya melenceng.

Kerja keras untuk menyamakan skor berbuah gol di menit ke-82. Gudmundsson menjebol gawang City dengan menyambar umpan lambung dari Matthew Lowton.

City berusaha mencetak gol tambahan di sisa waktu. Namun, Burnley yang sudah mendapatkan gol yang mereka cari kembali bermain defensif dan sukses menjaga gawangnya dari kebobolan.

Susunan Pemain
Burnley: Pope, Bardsley (Lowton 46'), Long, Mee, Taylor, Lennon, Hendrick, Cork, Gudmundsson, Barnes, Vokes

Manchester City: Ederson, Walker, Kompany, Otamendi, Danilo, De Bruyne, Fernandinho, Guendogan, Bernardo Silva, Aguero, Sterling (Diaz 74')

Pewarta : -
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024