Makassar (Antaranews Sulsel) - Wakapolda Sulawesi Selatan Brigjen Polisi Mas Guntur Laupe bersama Kepala Staf Kodam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono berkeliling ke sejumlah daerah memantau situasi keamanan menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak.

"Kami berbagi tugas dengan pak kapolda karena pilkada serentak di Sulsel ini lumayan banyak daerah dan kita ingin semuanya berjalan lancar, aman, tertib dan terkendali," ujar Mas Guntur Laupe di Makassar, Rabu.

Beberapa daerah yang dikunjungi antara lain Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Daerah ini merupakan satu dari delapan kabupaten serta tiga kota di Sulsel yang menggelar pilkada serentak.

Wakapolda bersama Kasdam langsung diarahkan ke Mapolres Sidrap bertepatan dengan adanya pelaksanaan penandatanganan naskah perjanjian pilkada damai oleh pasangan calon kepala daerah.

"Kehadiran kami dengan pejabat Kodam XIV Hasanuddin ini sebagai wujud sinergitas kami untuk wujudkan pilkada damai, tentunya kami harap seluruh masyarakat bisa menjaga situasi kondusif di daerah masing-masing," kata Guntur.

Mas Guntur berharap kepada semua tim pemenangan maupun pendukung dari pasangan calon kepala daerah agar bisa bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap damai, lancar dan aman.

"Penandatanganan perjanjian pilkada damai sudah dilakukan oleh para calon bupati, dan semoga ini menjadi perhatian kepada semua tim-tim pemenangan dan pendukung untuk ikut dalam menjaga stabilitas agar tetap aman dan lancar," katanya.

Adapun beberapa kabupaten dan kota yang menggelar pemilihan kepala daerah serentak, yakni, Kota Makassar, Kota Palopo dan Kota Parepare.

Sedangkan untuk sembilan kabupaten, yakni Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Wajo, Luwu, Bone, Sinjai dan Bantaeng dan Kabupaten Jeneponto serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulsel. 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024