Makassar (Antaranews Sulsel) - Pasangan Calon Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang dan Wakil Gubernur Tanribali Lamo yang dikenal dengan tagline "Sulsel Bagus" mengusung program Fokus Tuntas sebagai program andalan jika nanti terpilih memimpin di daerah itu melalui pemilihan kepala daerah.

"Program Fokus Tuntas ini adalah program yang benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat," kata Tanribali Lamo yang ditemui di sela HUT ke-58 Kabupaten Barru di Barru, Sulsel, Selasa.

Program Fokus Tuntas ini terdiri atas sembilan poin. Pertama, yaitu membangun 500 kilometer jalan strategis provinsi yang menghubungkan kawasan Latimojong, Bulusaraung dan Bawakaraeng.

Pembangunan jalan ini akan membuka akses bagi daerah-daerah yang terisolir antarkabupaten sehingga dapat menggerakkan perekonomian di daerah tersebut.

Kedua, adalah menghadirkan 50 sekolah menengah kejuruan unggulan gratis yang lulusannya bisa langsung bekerja.

"Jadi di daerah seperti Toraja dan Toraja Utara yang mengandalkan sektor pariwisata, kita hadirkan SMK Pariwisata, jadi lulusannya bisa langsung terserap," katanya.

Ketiga adalah Rp2 triliun untuk pengembangan wirausaha di seluruh pedesaan di Sulsel. Selanjutnya, keempat pihaknya juga akan memberikan Rp2 triliun untuk pembangunan sosial keagamaan untuk masyarakat berkeadilan dan berkeadaban.

"Kita tidak hanya menitikberatkan pada pembangunan fisik, tetapi juga keagamaan," katanya.

Di bidang kesehatan, pada poin kelima, pihaknya akan menghadirkan 5 rumah sakit rujukan baru provinsi. Sementara keenam, di bilang pertanian dan perikanan pihaknya akan memberikan 50 juta paket bibit/benih gratis untuk revitalisasi revolusi hijau dan biru.

Pada ketujuh akan mengentaskan 120.000 KK kiskin (450.000 orang), dengan Gerakan Kesetiakawanan Sosial Sipatuo-Sipatokkong. Kedelapan memfasilitasi tumbuhnya ekonomi kreatif dari masyarakat untuk mendukung sektor pariwisata.

Terakhir, pihaknya akan melakukan rekrutmen dan promosi jabatan secara transparan untuk memastikan pemerintahan yang profesional bersih tanpa KKN.

Tanribali memastikan jika nantinya terpilih, ia bersama Agus Arifin Nu`mang akan mampu mewujudkan semua program Fokus Tuntas tersebut.

"Pak Agus sudah berpengalaman sebagai wakil gubernur selama sepuluh tahun, jadi ia sudah benar-benar paham, kami pastikan program ini dapat kami wujudkan, bukan hanya sekedar janji," kata Tanribali. 

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024